Hagia Sophia

02 June 2023

Ini Manfaat Mandi dengan Air Hangat, Antara Lain Bisa Kurangi Stres

istimewa

Mandi menjadi kebiasaan yang dilakukan sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Sebelum memulai hari, mandi dengan air dingin menjadi opsi yang dipilih agar tubuh lebih segar dan menjadi bersemangat.

Namun, setelah lelah beraktivitas, mandi dengan air hangat adalah pilihan paling tepat. Tubuh yang lelah akan lebih rileks setelah terkena pancuran air hangat. Beberapa orang juga memilih untuk berendam di bak air hangat setelah melalui hari yang panjang.

Dikutip dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Pakar Kesehatan Liza Andriani S.SiT., M.Keb mengatakan baik mandi menggunakan air hangat atau air dingin keduanya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Perbedaan suhu yang dimiliki memberikan khasiat dan manfaat yang berbeda.

Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dari mandi air hangat untuk tubuh.

1. Meredakan Gejala Pilek
Dikutip dari laman Healthline, dijelaskan bahwa mandi air hangat dapat mengurangi gejala pilek dan batuk. Berada di bawah pancuran air hangat dengan uap di sekeliling tubuh dapat membuka saluran pernapasan dan membersihkan saluran hidung.

2. Meningkatkan Sirlukasi Darah
Mandi air panas dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang optimal adalah hal utama dalam menjaga kesehatan jantung. Ketika sirkulasi darah baik, semua bagian tubuh pasti akan berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh.

3. Membersihkan Tubuh Secara Keseluruhan
Saat mandi dengan air hangat tubuh akan terasa lebih bersih dibandingkan mandi dengan air dingin. Hal ini dikarenakan air hangat akan membuka pori-pori kulit sehingga dapat membersihkan seluruh kotoran dan minyak yang ada. Maka dari itu setelah beraktivitas memang lebih baik mandi dengan air hangat.

4. Membuat Otot Lebih Rileks
Tubuh yang lelah dapat dibuat lebih rileks dengan mandi air hangat. Air hangat yang mengenai tubuh sangat efektif untuk meredakan ketegangan tubuh. Berendam air hangat menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan saat tubuh merasa sangat lelah.

5. Mengatasi Sakit Leher dan Baru
Leher dan bahu menjadi dua bagian yang paling sering sakit saat tubuh kelelahan. Mengalirkan air hangat pada dua area ini selama 10 menit dapat mengurangi tegang pada otot. Leher dan bahu bisa sambil digerakkan agar lebih rileks.

6. Menjaga Fungsi Otak
Pada International Journal of Hyperthermia, dikatakan mandi dengan air hangat minimal 20 menit dapat menjaga fungsi otak. Efek uap dari air hangat menjada fungsi penting sel-sel di dalam otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu mandi air hangat juga bisa memelihara pertumbuhan sel penting otak dan meningkatkan fungsi memori.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Kekakuan arteri pada pembuluh darah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Mandi menggunakan air hangat dapat meredakan kekakuan pada pembuluh nadi. Hal ini akan melancarkan pembuluh dalam darah dan mencegah risiko tekanan darah tinggi.

8. Mengurangi Stres
Manfaat dari mandi air hangat salah satunya adalah relaksasi tubuh. Mandi air hangat selama 10 menit dapat menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf. Dengan begitu, saat tubuh lebih tenang maka stres juga akan berkurang.

9. Meremajakan Rambut
Tak hanya kulit, mandi air panas juga memiliki manfaat untuk rambut. Saat mandi air panas, pori-pori akan terbuka dan memungkinkan kelembaban meresap. Dengan begitu kulit kepala akan tetap lembab dan terhidrasi dengan baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

10. Mengobati Sakit Kepala
Sakit kepada biasa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Diketahui mandi air hangat dapat melancarkan pembuluh darah, salah satunya di kepala. Saat terkena air hangat, tekanan pada pembuluh darah akan berkurang dan sakit kepala akan hilang.

11. Menjaga Suasana Hati Tetap Baik
Efek relaksasi yang diberikan setelah mandi air hangat dapat menjaga suasana hati menjadi baik. Mandi air hangat menggunakan sabun dengan aroma yang rileks akan semakin menunjang manfaat ini. Tubuh yang rileks dapat membuat pikiran dan suasana hati menjadi lebih tenang.

12. Meningkatkan Kualitas Tidur
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa mandi air hangat dapat meredakan ketegangan otot dan membuat tubuh lebih rileks. Saat tubuh lebih santai, otak akan melepaskan hormon melatonin yang akan membantu untuk tidur lebih cepat. Dengan begitu, tidur akan lebih nyenyak dan kualitas tidur juga akan meningkat.

13. Membakar Kalori Tubuh
Mandi air hangat dapat membakar kalori dalam tubuh. Pada penelitian yang dilakukan oleh Loughborough University, disebutkan sekitar 140 kalori terbakar saat mandi air hangat dan hal ini setara dengan berjalan kaki selama setengah jam. Ini menjadi berita baik bagi yang sedang dalam program diet.

14. Mengeluarkan Dahak
Selain baik untuk mengatasi pilek, uap dari air hangat juga dapat mengendurkan dahak dan mengeluarkan lendir. Dahak dapat menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan sehingga mengganggu aktivitas.

15. Membuka Pori-Pori Kulit
Air hangat dapat membuka pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang terbuka akan membuat kulit lebih mudah untuk dibersihkan. Misalnya, kulit wajah yang menggunakan make up akan lebih bersih jika menggunakan air hangat. Jangan lupa dibilas dengan air dingin agar menutup kembali pori-pori.

Tidak disangka air hangat ternyata bisa memberikan banyak manfaat. Usahakan untuk selalu mandi dengan air hangat setelah beraktivitas agar tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "15 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Tubuh, Bisa Mengurangi Stres!"