Hagia Sophia

02 June 2023

Ini Beberapa Manfaat Konsumsi Air Putih untuk Tubuh

Ilustrasi minum air putih. Foto: Getty Images/iStockphoto/ljubaphoto

Manfaat minum air putih sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Dikutip dari buku Keajaiban Terapi Air Putih oleh Karina Nurin. R, dkk, air putih sendiri memiliki kandungan satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen yang dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh manusia.

Selama ini Detikers pasti sering mendengar bahwa begitu pentingnya konsumsi air putih setiap hari. Lantas, apa manfaat yang diberikan air putih bagi tubuh manusia? Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemdikbud, berikut adalah beberapa manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Menyehatkan Pencernaan
Manfaat minum air putih yang paling utama adalah melancarkan pencernaan. Seseorang yang sedikit minum air putih, akan berisiko mengalami feses keras hingga menyebabkan sembelit. Bahkan dengan meminum air putih juga akan bisa mengurangi resiko perut kembung.

2. Menjaga Tekanan Darah
Air putih juga bermanfaat untuk mengencerkan kandungan garam yang mengikat air sehingga sering memicu tekanan darah tinggi. Itulah kenapa orang yang memiliki masalah pada tekanan darah, sebaiknya banyak minum air putih.

3. Meningkatkan Daya Ingat Otak
Manfaat minum air putih berikutnya adalah meningkatkan daya ingat otak. Hal ini terjadi karena air dapat mengaktifkan elektrolit pada otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Seseorang yang minum air putih dengan cukup akan memiliki tekanan darah yang stabil dan dapat terhindar dari resiko penyakit jantung. Air putih yang diminum secara rutin dapat membuka jalur yang tersumbat dalam peredaran darah.

5. Melembabkan Kulit
Air yang diminum secara cukup dapat menyebabkan kulit terhidrasi. Hal ini akan membuat kulit tampak lebih sehat dan lebih lembab bercahaya,

6. Membantu Menghindari Penumpukan Lemak
Manfaat minum air putih adalah dapat memecahkan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh. Selain rutin berolahraga, meminum air putih bisa membantu proses penurunan berat badan melalui kontrol kalori.

7. Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat
Untuk menjaga tulang agar tetap sehat tidak harus meminum susu saja. Air putih juga mengandung kalium yang sangat dibutuhkan oleh tulang dalam tubuh manusia.

8. Meningkatkan Metabolisme
Meminum air putih dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan metabolisme dalam perut. Hal ini merupakan tanda atau gejala yang baik karena peningkatan metabolisme tubuh sama dengan sistem pencernaan yang baik.

9. Membantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh
Manfaat minum air putih berikutnya adalah dapat menghilangkan racun atau detoksifikasi dalam tubuh. Pada malam hari tubuh manusia biasanya akan mengeluarkan racun dalam tubuh hingga pagi perut terasa kosong. Itu tandanya tubuh telah dibersihkan oleh konsumsi air putih sehari sebelumnya.

10. Menjaga Temperatur Tubuh
Air putih yang tersimpan pada lapisan tengah kulit akan muncul ke permukaan sebagai keringat saat tubuh memanas. Ketika manusia menguap, maka keringat mendinginkan tubuh. Seseorang yang sedikit meminum air putih akan membuatnya sulit mengendalikan tekanan panas.

11. Melumasi dan Menjadi Bantalan Persendian Tubuh
Di dalam tubuh manusia banyak terdapat tulang rawan pada area persendian yang mengandung 80% air. Jika seorang manusia mengalami dehidrasi panjang, itu akan berakibat pada kemampuan sendi sehingga muncul rasa nyeri.

12. Melindungi Sumsum Tulang Belakang
Manfaat minum air putih berikutnya adalah dapat melindungi sumsum tulang belakang. Dehidrasi yang terjadi dapat mempengaruhi struktur dan fungsi otak manusia. Padahal, otak juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmiter, maka apabila dehidrasi terlalu lama, dapat menyebabkan masalah dalam berpikir.

13. Membentuk Air Liur dan Lendir
Air putih yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu memproduksi air liur dan lendir. Air liur sendiri dapat membantu manusia untuk mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, hingga mata agar tetap lembab.

14. Menyalurkan Oksigen ke Seluruh Tubuh
Manfaat minum air putih berikutnya adalah membantu tubuh menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Darah dalam tubuh manusia terdiri dari 90% air, dan yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh adalah darah. Itulah mengapa, air putih yang cukup akan melancarkan darah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.

15. Membuat Tubuh Tetap Berenergi
Seseorang yang mengalami dehidrasi akan mudah mengalami emosi, kelelahan, dan kebingungan yang akan mengurangi rasa semangat. Itulah kenapa tubuh harus cukup dalam meminum air putih untuk membangkitkan energi dalam tubuh manusia.

16. Mencegah Rusaknya Ginjal
Pada dasarnya, ginjal berperan untuk mengatur cairn dalam tubuh. Jika seseorang tidak mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuhnya, maka bisa menyebabkan batu ginjal dan masalah lainnya pada ginjal.

17. Meningkatkan Suasana Hati
Tanpa disadari, meminum segelas air putih dapat mengendalikan suasana hati yang sedang buruk. Dehidrasi yang terjadi biasanya memicu stres pada tubuh manusia.

Itulah manfaat minum air putih yang akan sangat membantu dan menjaga kesehatan tubuh manusia. Untuk terhindar dari meminum air putih yang tidak sehat, kamu bisa lihat pada ciri-ciri air putih yang aman untuk di minum, seperti bening, tidak berbau, tawar, bersih, dan tentunya memiliki PH alkali yang seimbang.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "17 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh Manusia"