Hagia Sophia

02 June 2023

Ini Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan Tubuh

kolang-kaling. Foto: Imam Suripto/detikJateng

Kolang-kaling atau buah atap menjadi camilan yang manis dan begitu populer saat buka puasa. Tak hanya lezat, banyak manfaat yang bisa didapat dari buah ini.

Tak hanya dari buahnya, akar cabang pohonnya juga berkhasiat untuk menjadi obat. Yuk, ketahui apa saja manfaat kolang-kaling!

13 Manfaat Kolang-kaling

Kolang-kaling memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari pencernaan hingga kulit! Apa saja?

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Mengutip Health Benefits Times, kolang kaling memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga efektif untuk mengobati sembelit. Mengonsumsi 5-10 butir kolang kaling per hari bisa membantu menghindari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Meredakan Penyakit Radang Sendi
Dikutip dari Portal Resmi Provinsi Sumatera Barat, kolang kaling mengandung zat galaktomanan yang mempunyai khasiat untuk meredakan atau malah menyembuhkan penyakit radang sendi. Disarankan untuk mengkonsumsi kolang-kaling dengan direbus, tanpa memakai berbagai jenis pewarna dan gula.

3. Mencegah Osteoporosis
Seiring bertambahnya usia, osteoporosis bisa terjadi. Kondisi ini pun bisa menimpa anak muda yang memiliki banyak aktivitas dan kurang asupan susu serta makanan yang mengandung kalsium.

Kolang-kaling memiliki 91 miligram kalsium yang bisa mencegah kemungkinan osteoporosis. Untuk kekuatan tulang, Kolang-kaling bisa dijadikan alternatif sebagai sumber kalsium yang tinggi untuk tubuh selain susu.

4. Baik untuk Diet
Menurut penelitian, 100 gram kolang-kaling mengandung hingga 0,69 gram protein, 4,0 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu dan 0,95 gram serat kasar. Kadar airnya pun mencapai 94%, sehingga membuatnya sangat segar saat dikonsumsi.

Gelatin yang terkandung dalam kolang-kaling juga memiliki efek rasa kenyang. Sehingga, jika sedang memiliki nafsu makan berlebihan, kolang-kaling bisa meredakannya dengan efek kenyang yang dirasakan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Mengutip website Universitas Medan Area, kolang-kaling bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Menurut penelitian dalam uji laboratorium, kolang-kaling memiliki senyawa polisakarida glukomanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes.

6. Mencegah Kekurangan Cairan
Kolang-kaling memiliki kandungan air yang tinggi. Hal ini membuat kolang-kaling bisa memenuhi asupan cairan tubuh dan juga mencegah hilangnya cairan tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan senyawa polisakarida galaktomanan dalam kolang-kaling juga bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga, kolang-kaling baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.

8. Meredakan Nyeri Haid
Kolang kaling mempunyai manfaat khusus bagi kam hawa. Senyawa yang ada dalam akar arennya sering digunakan sebagai peluruh haid.

9. Mengobati Penyakit Kencing Batu
Akar arennya juga memiliki manfaat sebagai obat bagi penyakit kencing batu. Kandungan senyawa alami dari akar buah ini bisa menghancurkan tumpukan kristal mineral yang menjadi penyebab utama bagi penyakit kencing batu.

10. Mencegah Penuaan Dini
Kolang kaling merupakan buah yang kaya antioksidan. Menurut beberapa studi, buah ini memiliki efek untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Antioksidan dalam kolang-kaling menjaga sel tubuh agar tidak rusak akibat radikal bebas.

11. Meredakan Panas Dalam
Ada manfaat lain yang didapat dari banyaknya kandungan air dari kolang-kaling. Menurut ahli nutrisi Leona Victoria Djajadi, MND, kolang-kaling bisa bermanfaat untuk meredakan panas dalam.

12. Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes
Menurut ahli gizi Mochamad Aldis Rusliadi, SKM, kolang kaling adalah hidangan dengan kalori rendah. Jadi, buah ini dinilai aman untuk penderita diabetes dalam mengendalikan gula darah, selama tidak berlebihan. Pengolahannya juga bukan menjadi kolak atau sirup dengan tinggi gula.

13. Baik untuk Kesehatan Kulit
DIkutip dari website Kabupaten Kulonprogo, kolang-kaling baik untuk kesehatan kulit. Kandungan airnya yang banyak bisa membantu mengatasi kulit kering.

Selain itu sifat anti inflamasi yang dikandungnya juga mampu meredakan kulit kemerahan akibat terbakar matahari. Sehingga kolang-kaling sangat baik bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Kolang-kaling Berasal dari Pohon Apa?

Mengutip Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, kolang-kaling merupakan buah yang dipanen dari pohon aren. Untuk mendapatkan buah kolang-kaling tidaklah mudah.

Buah yang sudah tua dipanen. Lalu, direbus di air mendidih selama satu jam. Kemudian, buah dibelah menggunakan pisau. Di dalam belahan buah itulah muncul kolang-kaling berwarna putih dan berbentuk lonjong.

Kolang-kaling biasanya menjadi isian es campur atau dibuat manisan dengan tambahan gula dan pewarna makanan. Tertarik untuk mencicipi kolang-kaling?

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan, Si Manis yang Kaya Nutrisi"