Hagia Sophia

02 June 2023

Beberapa Obat Sariawan Alami yang Diyakini Ampuh

Foto: Getty Images/iStockphoto/yourstockbank

Sariawan biasanya disebabkan karena kurangnya vitamin C dalam tubuh dan daya tahan tubuh yang melemah. Sariawan biasanya muncul tanpa disadari dan rasa perihnya akan terasa sangat mengganggu.

Sariawan sering kali terjadi pada bibir atau lidah yang tidak sengaja tergigit. Bagi Anda yang sedang mengalami sariawan, simak artikel berikut untuk mengetahui 10 daftar obat sariawan alami yang dapat dicoba.

10 Obat Sariawan Alami

1. Air Garam
Berkumur dengan air garam dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Hal ini dikarenakan garam memiliki sifat antiseptik yang mampu membersihkan dan menenangkan sehingga larutan air garam seringkali dijadikan obat berkumur paling efektif

2. Madu
Madu nyatanya memiliki sifat anti radang dan anti bakteri, sehingga mampu mengurangi rasa perih yang diakibatkan oleh sariawan. Anda hanya perlu mengoleskan madu ke luka sariawan secara rutin sebanyak 3 - 4 kali hingga sariawan membaik

3. Minyak Cengkeh
Selain memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut, minyak cengkeh ternyata juga dapat mengatasi sariawan. Cara untuk mengobati sariawan dengan minyak cengkeh adalah dengan merebus cengkeh dalam air mendidih lalu dinginkan, setelah itu gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

4. Lemon
Lemon merupakan buah yang kaya dengan vitamin C, sehingga dipercaya dapat membantu pemulihan luka dari sariawan agar lebih cepat. Anda hanya perlu menambahkan air hangat ke dalam perasan air lemon, kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat anti inflamasi alami yang berfungsi untuk mengurangi kemerahan dan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba karena kandungan asam laurat yang tinggi, sehingga dapat mengobati sariawan yang disebabkan oleh bakteri.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada luka sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga sariawan membaik.

6. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dipercaya dapat membantu membunuh bakteri yang mengiritasi luka. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok cuka sari apel dengan 1 gelas air, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut, kemudian bilas mulut hingga bersih. Namun Anda perlu berhati-hati jika ingin menggunakan cuka sari apel karena makanan asam bisa saja memperburuk kondisi sariawan Anda.

7. Soda Kue
Soda kue dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh sariawan dan dapat mengembalikan keseimbangan kadar keasaman di mulut. Cara untuk menggunakannya adalah dengan melarutkan 1 sendok teh soda kue dengan ½ gelas air, aduk rata kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

8. Teh Sage
Teh sage biasanya digunakan untuk mengobati peradangan pada mulut. Teh sage juga memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, antiseptic, dan astringen, sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada penderita sariawan.

Cara menggunakan teh sage untuk obat sariawan adalah dengan merendam daun sage ke dalam air mendidih selama 5 menit, kemudian saring dan tunggu air rendaman hingga dingin, dan gunakanlah air rendaman tersebut untuk berkumur.

9. Jus Jeruk
Sama seperti lemon, jus jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup ampuh untuk meredakan sariawan. Anda bisa membuat jus jeruk sendiri di rumah atau membelinya pada pedagang jus buah.

10. Daun Sirih
Dikutip dari buku Tanaman Obat Keluarga (2007) karya Fauziah M, daun sirih juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan sariawan. Cara untuk menggunakannya adalah dengan mencuci 1 atau 2 lembar daun sirih, kemudian kunyahlah daun tersebut hingga lumat. Biarkan sebentar daun tersebut berada pada bagian yang terkena sariawa



















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh, Bisa Dicoba di Rumah"