Hagia Sophia

31 October 2023

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Ilustrasi asam urat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Salah satu pantangan asam urat adalah mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi. Menurut sebuah jurnal berjudul Pola Makan dan Hubungannya Terhadap Kadar Asam Urat oleh Elvie Febriani, asam urat terjadi saat kadar senyawa purin dalam tubuh terlalu tinggi.

Purin adalah senyawa yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Apabila kadar purin melebihi batas normal, asam urat akan menumpuk sehingga menyebabkan terjadinya peradangan sendi atau yang dikenal dengan penyakit asam urat.

Supaya dapat diantisipasi, berikut ini sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Makanan Pantangan Asam Urat

Makanan pantangan asam urat sebagian besar merupakan makanan yang banyak disukai. Berikut ini daftar makanan yang pantang dimakan oleh penderita asam urat.

1. Jeroan
Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah jeroan hewan. Dikutip dari Medical News Today, jeroan mengandung purin yang tinggi.

Jantung, hati, usus, ampela, babat dan sejenisnya merupakan jeroan hewan dengan kadar purin tinggi. Sebab itu, penderita asam urat sebisa mungkin harus menghindari makanan ini.

2. Daging Merah
Daging merah merupakan makanan pantangan asam urat berikutnya. Dikutip dari Web MD, jenis daging merah yang harus dihindari penderita asam urat adalah daging sapi, rusa, dan bison.

Purin dalam daging merah sebetulnya lebih rendah dari jeroan. Karena itu, pasien asam urat sebaiknya makan hidangan jenis ini dalam batas porsi yang wajar. Batas mengonsumsi daging merah yakni maksimal 100 gram/hari.

3. Seafood
Seafood atau makanan laut menjadi pantangan asam urat. Dilansir dari Verywell Health, ikan teri, ikan trout, tuna, sarden, kepiting, dan lobster sebaiknya dihindari penderita asam urat lantaran mengandung 102-410 miligram purin per 100 gram takarannya. Kandungan purin tertinggi ada pada ikan teri.

4. Asparagus
Asparagus adalah makanan dengan kandungan asam folat dan kalium tinggi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, asparagus diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi pula. Sebab itu, asparagus menjadi salah satu makanan pantangan asam urat.

5. Sayur Bayam
Sayur bayam diketahui mengandung kurang lebih 57 gram purin dalam setiap 100 gramnya. Kadar purin ini dinilai cukup tinggi sehingga sayur ini disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat.

6. Durian
Aroma dan kelezatan buah durian memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sayangnya, buah satu ini mengandung purin yang cukup tinggi sehingga dapat memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, kandungan lemak dan alkohol pada durian juga harus dihindari oleh penderita asam urat.

7. Makanan Kaleng
Makanan kaleng memiliki rasa yang lezat serta praktis dibuat. Namun, kadar purin dalam makanan tersebut cukup tinggi. Dikutip dari Healthline, makanan kaleng juga lebih rendah gizi dan berisiko mengandung bakteri berbahaya apabila proses masaknya tidak benar.

8. Makanan Manis
Makanan manis yang banyak mengandung gula seperti cokelat, permen, dan es krim dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, makanan tinggi gula juga dapat meningkatkan risiko diabetes.

9. Makanan yang Mengandung Ragi
Makanan yang mengandung ragi seperti roti, acar, dan tape sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Ragi dan ekstrak ragi yang digunakan dalam mengolah makanan tersebut diketahui mengandung purin yang dapat memperburuk rasa nyeri dari asam urat.

Minuman Pantangan Asam Urat

Selain makanan, ada juga minuman yang menjadi pantangan asam urat, antara lain sebagai berikut.

1. Minuman Beralkohol
Alkohol adalah salah satu minuman yang tinggi purin, berlaku untuk alkohol jenis apapun. Minuman beralkohol dapat menghambat ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh. Karena itu, konsumsi alkohol dapat menurunkan fungsi ginjal untuk menyaring asam urat sehingga asam urat akan menumpuk.

2. Sirup
Sirup memiliki kadar fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan produksi asam urat. Fruktosa yang masuk dalam tubuh akan dipecah menjadi purin. Bahkan madu yang mengandung gula juga berbahaya bagi penderita asam urat.

3. Soft Drink
Sama halnya dengan sirup, soft drink adalah minuman yang tinggi fruktosa yang dapat meningkatkan risiko asam urat. Selain itu, soft drink juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Sebagai gantinya, Anda dapat beralih ke air putih yang diberi perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

Makanan dan minuman lain yang harus dihindari, atau tetap dikonsumsi namun dalam pengawasan dokter adalah:
  • Daging babi
  • Kacang-kacangan
  • Makanan siap saji
  • Alkohol
  • Minuman kemasan.

Hal Penting dalam Memilih Pola Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Selain beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan di atas, dikutip dari buku Diam-Diam Mematikan, Cegah Asam Urat dan Hipertensi oleh Dina Savitri, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan penderita asam urat dalam memilih makanan.
  • Diet seimbang, jangan asal diet karena justru dapat memperparah kondisi kesehatan.
  • Pembatasan makanan yang mengandung purin tinggi.
  • Asupan kalori harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan serta aktivitas sehari-hari. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.
  • Minum air putih minimal 2 liter sehari agar ginjal dapat mengeluarkan zat purin melalui urine dengan baik.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti nasi dan singkong ubi. Konsumsi karbohidrat yang tinggi akan membantu meningkatkan pengeluaran zat purin melalui urine.
  • Konsumsi makanan yang rendah protein. Sebaiknya konsumsi protein yang berasal dari susu, keju, dan telur.
  • Konsumsi makanan yang rendah lemak. Sebaiknya makan makanan yang direbus. Makanan yang digoreng, bersantan, mengandung margarin atau mentega umumnya mengandung lemak yang tinggi.
  • Banyak memakan buah yang mengandung cairan, seperti semangka, melon, dan lain-lain.
  • Tidak mengonsumsi minuman bersoda dan minuman beralkohol.
  • Tidak mengonsumsi sembarang obat kecuali atas sepengetahuan dokter.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "17 Pantangan Asam Urat, Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari"