Hagia Sophia

31 October 2023

Ini Respons BPOM RI Tentang Obat China Tongxinluo untuk Serangan Jantung

llustrasi obat kapsul. (Foto: dikhy sasra)

Sebuah riset belakangan menemukan manfaat kapsul Tongxinluo untuk mencegah risiko fatal serangan jantung yakni gejala segment elevation myocardial infarction (STEMI) yang kerap dialami pasien.

Gejala STEMI meliputi rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada, napas pendek, pusing, mual dan muntah, keringat dingin mengucur, jantung berdebar, serta gelisah.

Mereka yang mengonsumsi kapsul Tongxinluo menunjukkan perbaikan kesehatan signifikan pasca 30 hari perawatan dan satu tahun penggunaan kapsul terapi tambahan yang digabung dengan pedoman pengobatan STEMI secara umum.

Dikutip dari Medical News Today, Tongxinluo adalah formulasi pengobatan tradisional Tiongkok yang banyak digunakan selama ribuan tahun. Senyawa ini telah menunjukkan potensi kardioprotektif dalam penelitian kecil in vitro, hewan, dan manusia, tetapi belum diuji dalam riset yang lebih besar.

Pakar medis di Pusat Penyakit Kardiovaskular Nasional China baru-baru ini melakukan penelitian untuk menentukan apakah Tongxinluo, yang dikonsumsi bersamaan dengan pengobatan sesuai pedoman STEMI, dapat meningkatkan hasil signifikan pada pengobatan pengidap STEMI.

Dalam uji klinis selama 12 bulan terhadap 3.777 orang dengan STEMI, tim menemukan terapi ini sukses menurunkan kejadian jantung dan serebrovaskular secara nyata. Penelitian aslinya dipublikasikan pada Oktober 2023, dirilis di JAMA.

Apa Kata BPOM RI?

Obat herbal disebut BPOM RI tidak terdaftar sebagai pengobatan, melainkan terapi suportif untuk pasien. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah kapsul tongxinlou yang dimaksud juga terdaftar di Indonesia.

"Masih kami cek terlebih dulu ya," terang BPOM RI dalam keterangan tertulis kepada detikcom Senin (30/10/2023).

Jika dilakukan pencarian secara daring melalui laman website BPOM RI dengan nama produk tongxinlou capsules, ditemukan nomor registrasi yang terdaftar sebagai obat tradisional dengan klaim membantu sirkulasi darah.

Namun, belum bisa dipastikan apakah produk tersebut sama dengan produk yang diuji untuk pasien STEMI.

"Kalau namanya obat herbal seperti itu untuk suportif. Namun, oba kita cek ya, dia sudah terdaftar belum produknya," demikian penegasan BPOM RI.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Respons BPOM RI soal Viral Obat China Tongxinluo Diuji untuk Serangan Jantung"