Hagia Sophia

31 October 2023

Kasus Kanker Payudara di Singapura Naik, Usia 20 Tahun Wajib Lakukan Hal Ini

Kasus kanker di Singapura. (Foto: Getty Images)

Lebih dari 2 ribu wanita di Singapura setiap tahun terkena kanker payudara. Jenis ini menjadi salah satu kanker yang paling banyak dilaporkan di kalangan wanita.

Mengacu data tahunan yang dirilis Singapore Cancer Registry 2018, satu dari 13 wanita di Singapura akan terkena kanker payudara seumur hidup mereka. Setiap tahun, lebih dari 400 wanita meninggal karenanya.

Menurut Singapore Cancer Society, kanker payudara biasanya berasal dari sel-sel yang melapisi saluran dan kelenjar payudara. Kabar baiknya adalah ketika penyakit ini terdeteksi pada tahap non-invasif atau di fase awal, pengobatan menjadi lebih mudah dan pasien memiliki peluang kesembuhan lebih tinggi.

Berbeda jika kanker payudara sudah di fase lanjut, yakni sel-sel kanker menyerang jaringan di sekitarnya, masuk ke sistem peredaran darah dan limfatik, juga ke organ-organ lain di dalam tubuh, sehingga membentuk tumor yang bermetastasis.

Dr Jesse Hu, seorang ahli bedah payudara dan endokrin di Rumah Sakit Mount Alvernia, menyebut setiap wanita wajib melakukan skrining kanker payudara sedini mungkin. Minimal di usia berapa?

"Setiap wanita harus memulai pemeriksaan sejak usia 20 tahun dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri memakai metode breast self examination (BSE), setiap bulan," kata Dr Hu, dikutip dari Channel News Asia, Senin (30/10/2023).

"Waktu terbaik melakukan BSE adalah tujuh hingga 10 hari sejak hari pertama haid," pesan dia.

Perlukah Diikuti Mammogram?

Menurut Singapore Cancer Society, mammogram tidak direkomendasikan untuk wanita di bawah 40 tahun. Namun wanita berusia 40 hingga 49 tahun, setidaknya diimbau untuk melakukan satu kali dalam tahun. Mulai usia 50 tahun ke atas, pemeriksaan disebutnya harus lebih sering. Minimal dua tahun sekali.

"Tujuan BSE bukan hanya untuk mencari benjolan, tapi untuk mengetahui seperti apa bentuk dan rasa payudara seseorang. Hal ini agar seseorang dapat melihat perubahan apa pun sejak dini."

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kanker Payudara Singapura Nanjak, Usia 20 Tahun Wajib Cek Ini 7 Hari usai Mens"