Hagia Sophia

03 December 2023

Beberapa Makanan yang Bisa Membuat Asam Lambung Naik

Foto: shutterstock

Penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) memang tidak boleh sembarangan makan. Sebab ada sejumlah makanan yang bisa meningkatkan asam lambung sehingga membuat GERD kambuh.

Simak 7 makanan yang bisa memicu GERD berikut ini. Ketahui juga sejumlah tindakan yang dapat mengatasi GERD di rumah.

Makanan yang Memicu GERD Kambuh

Dikutip dari The Surgical Clinic, berikut ini 7 jenis makanan yang yang bisa memicu GERD kambuh.

1. Susu dan Produk Susu
Jika Anda penderita GERD dan masih mengkonsumsi susu, maka harus pikir dua kali. Jangan-jangan penyebab GERD tak sembuh selama ini adalah akibat minum susu.

Susu mengandung lemak tinggi yang cenderung memperparah sakit maag. Maka lebih baik hindari atau kurangi produk susu. Selain susu, hindari juga produk susu seperti es krim, keju, dan yoghurt.

2. Jus dan Buah Asam
Jus atau buah yang berasa asam, seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, dan nanas mengandung asam sitrat. Ini dapat memperburuk gejala GERD karena kandungannya bisa meningkatkan asam lambung.

Ini juga termasuk tomat dan olahannya, seperti saus tomat yang selalu digunakan dalam pizza, lasagna, dan pasta. Bukannya sama sekali tidak boleh, namun Anda jangan pernah mengkonsumsinya dalam kondisi perut kosong.

3. Makanan Pedas
Makanan pedas sudah terkenal dapat membuat perut mulas, termasuk meningkatkan asam lambung. Sebab ada kandungan capsaicin yang menyebabkan sensasi terbakar pada selaput lendir di saluran pencernaan.

4. Kopi dan Minuman Berkafein
Kopi juga menjadi minuman yang dihindari bagi penderita GERD. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan asam lambung sehingga membuat GERD kambuh.

Namun jika Anda suka minum kopi, mungkin bisa mencoba kopi jenis arabika. Meski rasanya lebih asam, kandungan kafein pada arabika lebih sedikit dibandingkan robusta yang memiliki rasa pahit. Dan tentunya jangan berlebihan dalam minum kopi.

Ini juga termasuk minuman teh yang memiliki kafein, meskipun kadarnya sedikit. Sebagian orang mengalami peningkatan asam lambung ketika minum teh kental.

5. Cokelat
Cokelat mungkin jarang diketahui sebagai minuman yang harus dihindari penderita GERD. Padahal cokelat juga mengandung zat asam yang dapat meningkatkan asam lambung.

Ketika diminum, cokelat akan melepaskan hormon serotonin yang membuat sfingter esofagus bagian bawah rileks dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.

6. Soda
Meski rasanya enak, soda menjadi minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena alasan kesehatan. Salah satunya karena bisa memperparah gejala refluks asam lambung karena merupakan minuman berkarbonasi.

Karbonasi dari soda mengembangkan perut sehingga meningkatkan tekanan internalnya. Maka refluks asam menjadi lebih mungkin terjadi.

7. Makanan Tinggi Lemak
Makanan tinggi lemak juga harus dihindari. Makanan tinggi lemak bukan hanya daging merah, tetapi juga gorengan, seperti kentang goreng, keripik kentang, dan onion ring.

Lemak jenuh yang tinggi diolah tubuh dalam waktu yang lebih lama. Untuk memecah lemak kompleks ini, perut akan memproduksi lebih banyak asam. Perut akan menjadi lebih penuh dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam.

Cara Penanganan GERD di Rumah

Penanganan GERD atau asam lambung naik dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tindakan di rumah. Berikut ini beberapa cara mengatasi, seperti yang dilansir dari Medical News Today dan Healthline:
  • Saat tidur, posisi kepala lebih tinggi dibandingkan kaki.
  • Lakukan pemijatan di sekitar perut menggunakan 3-5 jari searah jarum jam, mulai pusar hingga ke pinggul secara perlahan. Lalu tarik napas dalam dan embuskan pelan-pelan..
  • Jaga berat badan Anda supaya tetap proporsional.
  • Hindari stres dengan memperbanyak kegiatan menyenangkan.
  • Jangan makan terlalu malam, karena perut membutuhkan cukup waktu untuk mengolah makanan.
  • Saat makan, makanlah sedikit tetapi lebih sering agar perut tidak kosong.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang baik untuk asam lambung, misalnya kamomil, akar licorice, marshmallow, dan slippery elm.
  • Konsumsi obat sesuai anjuran dokter. Biasanya dokter akan meresepkan H2 blocker atau penghambat reseptor H2, antasida, dan PPI (Proton Pump Inhibitor) untuk menurunkan kadar asam lambung.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Makanan yang Bisa Bikin GERD Kambuh, Awas Asam Lambung Naik"