Hagia Sophia

15 February 2024

Kapankah Waktu Terbaik untuk Minum Vitamin?

Foto: Shutterstock

Vitamin berupa suplemen bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Agar vitamin dapat tubuh serap dengan maksimal, ada waktu terbaik meminumnya yang perlu diketahui.

Konsumsi vitamin pada waktu yang tepat disebutkan dapat menentukan kemanjuran dan keefektifan penyerapannya oleh tubuh. Dokter bernama Rodolfo Perez-Gallardo, MD dalam situs Cleveland Clinic mengatakan, "Tubuh tidak dapat sepenuhnya menyerap vitamin, kecuali Anda mengetahui waktu terbaik untuk meminumnya."

Lebih lanjut, dr Perez-Gallardo menjelaskan bahwa seseorang yang tidak mengkonsumsi vitamin dengan benar, termasuk memperhatikan waktu yang tepat, mereka mungkin tak akan melihat efek perbaikannya bagi tubuh.

Jadi, kira-kira kapan ya waktu terbaik untuk minum vitamin?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Vitamin?

Waktu konsumsi vitamin berbeda-beda tergantung jenisnya. Ini karena sebagian besar vitamin terbagi dua kategori: larut dalam air dan larut dalam lemak.

Mengutip laman Verywell Mind, vitamin yang larut dalam air paling efektif diminum dengan air saat perut kosong di pagi hari. Sementara vitamin yang larut dalam lemak sebaiknya dikonsumsi bersama atau setelah makan.

Untuk tahu jenis vitamin apa saja yang diminum sebelum dan sesudah makan, simak penjelasan berikut.

1. Waktu Terbaik Minum Vitamin C dan B12
Vitamin C, B12, dan vitamin B jenis lainnya termasuk vitamin yang larut dalam air. Artinya, seseorang memerlukan air agar vitamin ini dapat lebih mudah diserap oleh tubuh.

Jenis-jenis vitamin tersebut disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari dengan segelas air.

Di sisi lain, vitamin C dan B12 bisa memberi energi lebih jika diminum sehingga meminumnya di pagi hari tidak mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

2. Waktu Terbaik Minum Vitamin A, D, E, dan K
Vitamin jenis A, D, E, dan K merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Sejumlah vitamin tersebut membutuhkan lemak agar tubuh bisa menyerapnya.

Untuk penyerapan yang maksimal, vitamin D dan vitamin larut lemak lainnya bisa diminum setelah konsumsi makanan mengandung lemak, seperti sesudah minum susu atau yoghurt maupun makan makanan yang dimasak dengan minyak. Dosis vitamin yang dikonsumsi pun yang tidak perlu terlalu banyak.

3. Waktu Terbaik Minum Multivitamin
Multivitamin kerap kali mengandung vitamin dari dua kategori sekaligus, baik yang larut dalam air maupun larut dalam lemak. Karena itu, waktu terbaik konsumsi multivitamin sedikit lebih rumit.

dr Perez-Gallardo menjelaskan bahwa multivitamin bisa diminum bersama makanan sehingga lemak yang terkandung dapat bantu menyerap vitamin. Kamu juga bisa mengkonsumsi multivitamin sambil minum air. Namun, tubuh tidak dapat menyerap sejumlah vitamin itu secara baik dengan cara tersebut.

Di sisi lain, tubuh juga tidak menyerap vitamin yang larut dalam lemak dengan baik jika multivitamin diminum saat perut kosong.

Agar tubuh bisa menyerap vitamin sepenuhnya, dr Perez-Gallardo menyarankan untuk konsumsi vitamin yang larut dalam air dan vitamin larut dalam lemak secara terpisah.

4. Waktu Terbaik Minum Vitamin Prenatal
Vitamin prenatal penting dikonsumsi wanita selama kehamilan. Vitamin yang perlu diminum yakni vitamin D dan A, asam folat, kalsium, serta zat besi.

Vitamin dan nutrisi tersebut paling baik mulai dikonsumsi sejak sebelum hamil atau saat sedang merencanakan kehamilan. Untuk vitamin prenatal bisa diminum bersama dengan air dan makanan ketika sarapan atau makan siang untuk penyerapan yang optimal

Adapun asam folat sebaiknya dikonsumsi dengan segelas air saat perut kosong lantaran termasuk vitamin yang larut dalam air.

Nah, itu tadi waktu terbaik untuk minum sejumlah jenis vitamin. So, perhatikan baik-baik penjelasan waktu di atas agar tubuh dapat menyerap vitamin dengan maksimal.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Vitamin? Ini Kata Ahli"