Hagia Sophia

15 February 2024

Ini Perbedaan Mag, GERD dan Tukak Lambung

Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

Sebagian orang mungkin menyangka sakit mag, GERD, dan tukak lambung adalah penyakit sama. Padahal, ketiganya itu berbeda. Meski begitu, tiga penyakit tersebut ada kemiripan jika dilihat dari gejala yang ditimbulkan.

Lantas, apa bedanya sakit, GERD, dan tukak lambung?

Perbedaan Mag, GERD, dan Tukak Lambung

Berikut beda mag, GERD, dan tukak lambung menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Muhammad Anshory, SpPD, dalam catatan detikHealth.

1. Mag
Kata 'mag' berasal dari bahasa Belanda yang artinya 'lambung. Mag merupakan istilah yang dikenal untuk gangguan pencernaan atau dispepsia secara umum.

Mengutip laman NIH, penyebab mag antara lain karena terlalu banyak atau cepat saat makan, konsumsi makanan pedas, berlemak, berminyak, dan mengandung asam. Kebiasaan terlalu banyak minum alkohol, kafein, minuman berkarbonasi atau bersoda juga dapat mengakibatkan mag.

Selain itu, gangguan pencernaan ini mungkin pula disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) serta konsumsi antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Pada sakit mag, gejala yang muncul mencakup mual dan muntah, sering sendawa, perut kembung, nyeri di ulu hati, dan terasa panas di bagian perut atas.

2. GERD
GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi ketika naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi lantaran katup lambung yang rusak sehingga menyebabkan asam lambung keluar dan mengenai organ tubuh lain.

Dilansir laman GoodRx Health, naiknya cairan lambung ini dapat merusak dan mengiritasi lapisan kerongkongan karena tidak ada yang mampu menahan asam tersebut sebaik lambung.

GERD umumnya akan menimbulkan gejala dada yang terasa nyeri bagaikan terbakar, mulut pahit, batuk-batuk, serta kesulitan menelan yang terjadi secara terus-menerus dan parah. Sejumlah gejala ini bisa menjadi lebih buruk setelah makan atau jika penderitanya berbaring usai makan.

3. Tukak Lambung
Adapun tukak lambung merupakan kondisi terkikisnya selaput yang melapisi dinding lambung sehingga muncul luka terbuka di lambung. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori atau efek samping OAINS dan aspirin.

Gejala yang timbul akibat tukak lambung antara lain rasa nyeri di ulu hati atau perut bagian atas, kembung, mual, muntah, sendawa, perut terasa penuh atau rasa cepat kenyang.

Penderita tukak lambung juga bisa mengalami kelelahan, sesak napas, muntah darah, dan fesesnya berwarna gelap.

Nah, itu dia sederet perbedaan mag, GERD, dan tukak lambung. Jadi, jangan lagi mengira kalau ketiga gangguan pencernaan tersebut adalah sama, ya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Serupa tapi Tak Sama! Ini Bedanya Mag, GERD, dan Tukak Lambung"