Hagia Sophia

15 February 2024

Warna Kuku Jari Ternyata Bisa Tunjukan Kondisi Kesehatan Pemiliknya

Foto: Getty Images

Kuku jari ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan pemiliknya. Di bawah ini adalah 12 contoh kuku yang tidak sehat.

Beberapa di antaranya berkaitan dengan penyakit tertentu. Kondisi kuku ini setidaknya bisa membuat Anda waspada dan mengantisipasi adanya penyakit dalam tubuh.

Contoh Kuku yang Tidak Sehat

Berikut ini 12 contoh kuku yang tidak sehat, seperti dilansir dari situs American Academy of Dermatology Association:

1. Kemerahan dan Bengkak di Sekitar Kuku
Jika mengalami kemerahan dan bengkak di sekitar kuku, Anda mungkin mengalami infeksi. Kondisi ini termasuk gejala paronikia.

Jika diketahui sejak awal, Anda dapat mengobatinya dengan merendam kuku dan menggunakan antibiotik. Namun jika sudah membentuk luka terbuka, maka memerlukan perawatan yang lebih.

2. Kuku Berwarna Hitam Kehijauan
Kuku berwarna hitam kehijauan juga termasuk paronikia. Bakteri menyebabkan infeksi kuku hingga berubah menjadi hitam kehijauan. Lakukan perawatan untuk membersihkan infeksi dan pengobatan untuk menghilangkan nyeri.

3. Kuku Bergaris Gelap
Kuku jari tangan atau kaki yang bergaris gelap disebut juga acral lentiginous melanoma. Jika muncul kondisi seperti ini, temui dokter kulit untuk pemeriksaan kemungkinan kanker kulit.

Garis gelap tersebut bisa jadi adalah melanoma, jenis kanker kulit yang paling serius.

Namun tidak semua garis gelap adalah melanoma. Hanya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit untuk memastikannya.

4. Kuku Terangkat
Kondisi kuku terangkat hingga membuatnya tidak melekat sempurna pada kulit disebut juga onikolisis. Hal ini juga mungkin dibarengi perubahan warna kuku menjadi putih.

Penyebab kuku terangkat, antara lain karena infeksi jamur, psoriasis, atau cedera akibat manikur yang agresif.

5. Kuku Berlubang
Kuku berlubang juga merupakan contoh kuku yang tidak sehat. Ini dinamakan dengan pitting. Lubang ini seakan-akan dibuat oleh tusukan.

Kondisi ini mungkin berkaitan dengan beberapa penyakit berikut ini:
  • Psoriasis
  • Dermatitis atopik
  • Alopecia areata

6. Lekukan Dalam pada Kuku
Jika terdapat lekukan dalam yang membentang sepanjang kuku, berarti ada sesuatu yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan kuku untuk sementara waktu. Kuku yang berhenti tumbuh sementara membuat adanya celah. Ini disebut onychomadesis.

Penyebabnya antara lain demam, cedera, kemoterapi, atau stres berat. Jika penyebabnya tidak jelas, coba konsultasikan dengan dokter kulit.

7. Kuku Kuning
Jika kuku Anda menguning, menebal, dan seperti berhenti tumbuh, itu bisa menjadi tanda penyakit seperti paru-paru dan artritis rheumatoid. Anda mungkin juga mengalami infeksi kuku yang serius dan memerlukan perawatan.

8. Kuku Melengkung
Kuku melengkung juga tidak sehat. Pembengkokan dapat dimulai secara bertahap sehingga banyak orang tidak menyadari hal itu. Saat kuku terus melengkung ke bawah, ujung jari sering membengkak dan kuku mulai terasa kenyal saat ditekan.

Kuku melengkung mungkin saja tidak berbahaya, yaitu sebagai turunan keluarga. Namun kuku melengkung juga bisa menjadi tanda suatu penyakit, seperti paru-paru, jantung, hati, lambung atau usus.

9. Kuku Tanduk Domba
Kuku tanduk domba terjadi ketika kuku menebal dan tumbuh berlebihan. Kondisi ini menurun dalam keluarga. Penyebabnya antara lain penyakit psoriasis, ichthyosis, atau masalah sirkulasi udara pada kuku.

10. Kuku Tipis Berbentuk Sendok
Jika Anda memiliki kuku tipis yang bagian tengahnya menukik ke bawah dan terlihat seperti sendok, mungkin disebabkan tidak mendapatkan cukup zat besi. Ini disebut koilonychia.

Orang mengalami kekurangan zat besi karena berbagai alasan, antara lain kekurangan nutrisi yang tepat, masalah kesehatan pada perut atau usus, atau sensitivitas terhadap gluten.

11. Kuku Papan Cuci
Disebut washboard nail atau kuku papan cuci karena bentuknya mirip papan untuk mencuci baju. Ini termasuk dalam onychotillomania, yaitu ketika Anda memiliki kebiasaan mengorek (atau mendorong) kutikula pada ibu jari Anda.

Kebiasaan ini membuat Anda memiliki lekukan dan tonjolan di bagian tengah ibu jari. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan tersebut agar kembali memiliki kuku yang sehat.

12. Kuku Berubah Warna
Terakhir, contoh kuku yang tidak sehat adalah ketika berubah warna. Berikut ini beberapa perubahan warna dan kemungkinan masalah kesehatan yang dialami:
  • Kuku biru: tidak cukup oksigen dalam aliran darah
  • Kuku putih: penyakit hati, diabetes
  • Kuku pucat: anemia
  • Kuku setengah merah muda, setengah putih: penyakit ginjal
  • Kuku kuning: penyakit paru-paru, infeksi kuku
  • Kuku bulan sabit merah kehitaman: lupus, penyakit jantung, alopecia areata, radang sendi, dermatomiositis
  • Kuku bulan sabit biru: tanda keracunan


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Contoh Kuku yang Tidak Sehat dan Penyakit Terkait"