Hagia Sophia

15 February 2024

Makanan Berikut Ini Aromanya Paling Menyengat di Dunia

Foto: iStock

Makanan beraroma menyengat kerap mengganggu untuk sebagian orang. Namun, tak jarang juga yang menyukai makanan tersebut. Seperti durian hingga natto.

Makanan yang dinilai lezat biasanya memiliki aroma harum dan sedap. Sayangnya, tak berlaku untuk makanan di beberapa negara ini, karena aromanya menyengat.

Dilansir dari Restaurant Clicks dan sumber lainnya, beberapa negara memiliki makanan yang terkenal dengan aroma menyengatnya. Paling populer ada durian, petai, jengkol, natto, hingga hongeo.

Berikut 9 makanan beraroma menyengat di dunia

1. Durian

Durian Foto: detikcom

Durian merupakan buah yang sudah terkenal dengan aroma menyengatnya. Untuk sebagian orang, aroma menyengat ini disebut harum, tetapi banyak juga yang tak menyukainya karena bikin mual.

Di Indonesia, durian sangatlah populer. Varietas unggulan paling populer ada bawor, petruk, durian Medan, dan lainnya.

2. Petai
Petai merupakan jenis kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Biasanya petai dinikmati sebagai lalapan atau pelengkap hidangan.

Aroma petai juga termasuk yang menyengat, bahkan bikin mulut jadi berbau tak sedap. Bagi para penikmatnya, petai termasuk makanan paling enak apalagi disantap bersama sambal.

3. Jengkol
Meski aromanya menyengat, penggemar jengkol sangatlah banyak. Jengkol memiliki tekstur mirip kentang, tetapi lebih legit.

Di Indonesia, jengkol banyak diolah dengan bumbu semur, rendang, atau bahkan digoreng begitu saja dan dinikmati dengan cocolan sambal. Aroma menyengat jengkol ini tak hanya menempel di mulut, tapi juga sampai buang air kecil.

4. Natto

natto Foto: Getty Images/iStockphoto/KPS

Salah satu makanan fermentasi yang populer di Jepang adalah natto. Natto merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai dan bakteri Bacillus subtilis.

Proses fermentasi natto ini menghasilkan cairan lengket dan berlendir. Selain teksturnya yang lengket, aroma natto juga menyengat.

Di Jepang, natto bisa dikonsumsi begitu saja. Namun banyak juga yang mengonsumsinya dengan nasi panas untuk menu sarapan yang sehat.

5. Vegemite

Vegemite Foto: Getty Images

Vegemite sangat populer di Australia, biasanya dinikmati untuk sarapan. Sekilas mirip selai cokelat, tapi tidak dengan rasanya.

Makanan ini terbuat dari campuran ragi, bawang merah, malt, seledri, rempah, dan sayuran lain. Semua bahanya difermentasi dan menciptakan rasa yang kuat cenderung asin.

6. Hongeo
Hongeo mirip sashimi asal Jepang. Hanya saja bahan utamanya bukan irisan ikan segar, melainkan ikan yang sudah difermentasi.

Sajian ini asalnya dari Provinsi Jeolla, Korea Selatan. Ikan yang digunakan pada sajian hongeo adalah skate, sejenis ikan pari. Ikan pari tersebut difermentasi dalam guci sekitar 10 hari.

Hongeo siap disantap kalau sudah mengeluarkan aroma berbau amonia yang menyengat. Biasanya hongeo disantap dengan gochujang.

7. Tahu Busuk

Stinky Tofu Foto: iStock


Tahu busuk atau stinky tofu merupakan makanan khas Taiwan berbahan dasar tahu yang difermentasi. Disebut 'busuk' karena aromanya tak sedap menusuk hidung.

Tahu busuk menjadi salah satu makanan aneh atau ekstrem yang populer di dunia. Karena aromanya yang busuk ini membuat banyak turis mencobanya sebagai bahan tantangan.

8. Vieux Boulogne
Vieux Boulogne disebut sebagai salah satu keju paling berbau di dunia. Adalah produk khas dari Pas-de-Calais, Prancis.

Keju ini terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi. Tekstur kejunya agak lunak dengan rasa yang lembut dibandingkan aromanya yang kuat.

9. Telur Pitan (Century Egg)
Telur pitan atau century egg merupakan makanan khas China yang terbuat dari telur ayam atau bebek. Telur ini diawetkan dalam campuran lempung, abu, garam, kapur tohor, dan sekam padi.

Proses fermentasinya memakan waktu selama beberapa minggu atau bulanan. Warna telur ini sangat gelap dengan rasa asin creamy. Aromanya mirip ammonia atau belerang.


























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "9 Makanan yang Aromanya Paling Menyengat di Dunia"