Hagia Sophia

05 May 2024

Kebiasaan Ini Bisa Cegah Gagal Ginjal Sejak Dini

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marcela Ruth Romero)

Gagal ginjal adalah kondisi ketika salah satu atau kedua ginjal tidak mampu lagi menjalankan fungsinya dengan baik. Gagal ginjal termasuk penyakit yang paling ditakuti, karena berisiko menyebabkan berbagai komplikasi yang bisa mengancam nyawa.

Orang yang mengidap gagal ginjal juga harus melakukan dialisis atau cuci darah seumur hidup.

Guna mencegah hal tersebut, maka penting untuk mengetahui cara mencegah gagal ginjal sejak usia muda. Termasuk, pola makan dan gaya hidup sehat yang harus dipraktikkan untuk menjaga kesehatan ginjal hingga hari tua.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mencegah gagal ginjal yang bisa diterapkan sejak dini.

1. Membatasi Asupan Gula
Cara mencegah gagal ginjal yang pertama adalah dengan membatasi asupan gula. Konsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan memicu diabetes.

Dikutip dari CDC, diabetes merupakan salah satu faktor risiko gagal ginjal. Seiring waktu, gula darah tinggi akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah dan nefron di ginjal, sehingga membuatnya tidak bisa berfungsi dengan baik.

2. Minum Air yang Cukup
Dehidrasi merupakan salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Ginjal memiliki tugas untuk mengeluarkan racun dan kotoran lewat urine. Jika tubuh kekurangan cairan, maka zat-zat tersebut tidak bisa dikeluarkan secara optimal dan menumpuk dalam tubuh.

Lambat laun, penumpukan racun dan limbah itu dapat menyebabkan gangguan, seperti infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Jika kondisi itu tidak segera ditangani, maka dapat berujung menjadi gagal ginjal.

3. Mengurangi Asupan Garam
Asupan garam yang berlebihan dapat berdampak pada peningkatan tekanan darah. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, termasuk yang mengalirkan darah menuju ginjal.

Akibatnya, ginjal tidak mendapatkan suplai darah yang cukup untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Hal inilah yang secara perlahan merusak kesehatan ginjal hingga menyebabkan gagal ginjal.

4. Rajin Berolahraga
Berolahraga secara teratur dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kedua penyakit tersebut merupakan faktor risiko dari gagal ginjal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar setidaknya melakukan aktivitas fisik sedang selama 150-300 menit setiap minggu untuk menjaga kesehatan.

5. Mengelola Stres dengan Baik
Stres dan ansietas juga dapat memicu tekanan darah tinggi, yang kemudian meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah dan gagal ginjal. Karenanya, pelajari cara mengelola stres dengan baik untuk mencegah risiko gagal ginjal.

6. Rutin Periksa Fungsi Ginjal
Gagal ginjal yang masih dalam tahap awal kerap tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin guna mengetahui indikasi gagal ginjal dan mencegah risiko komplikasi yang serius.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Kebiasaan yang Bisa Cegah Gagal Ginjal Sejak Dini, Nomor 2 Tak Boleh Terlewat"