Hagia Sophia

05 May 2024

Benarkah Konsumsi Rumput Fatimah Baik untuk Ibu Hamil?

Rumput fatimah. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth

Ada banyak tumbuhan herbal yang berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah rumput fatimah. Mungkin sebagian orang masih terasa asing ketika mendengar dengan tanaman yang satu ini.

Padahal, sejak ratusan tahun lalu rumput fatimah telah digunakan sebagai obat alami. Ada sejumlah manfaat yang didapat dari mengkonsumsi rumput fatimah, salah satunya yang populer adalah membantu memperlancar persalinan.

Namun, apakah benar rumput fatimah dapat bermanfaat untuk ibu hamil? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Rumput Fatimah?

Rumput fatimah (Labisia pumila) merupakan tanaman herbal yang sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional sejak ratusan tahun lalu.

Di Malaysia, tumbuhan yang kerap disebut kacip fatimah ini telah digunakan sebagai obat herbal untuk memperlancar persalinan. Disebutkan bahwa ibu hamil dapat meminum rebusan rumput fatimah sekitar 1-2 bulan sebelum melahirkan.

Dilansir situs National Library of Medicine, rumput fatimah memang terbukti mengandung sejumlah senyawa, seperti flavonoid, asam askorbat, beta karoten, antosianin, dan asam fenolik yang berkontribusi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, dan antijamur.

Namun, apakah benar mengkonsumsi rumput fatimah dapat memperlancar persalinan hingga mengobati pasca melahirkan?

Apakah Rumput Fatimah Berkhasiat bagi Ibu Hamil?

Mengutip buku 234 Hal Tentang Kehamilan dan Melahirkan yang Calon Mama Wajib Tahu oleh Ratna Dewi Pudiastuti, sejak zaman dahulu banyak ibu hamil yang percaya akan khasiat rumput fatimah bagi ibu dan janinnya. Namun, faktanya tidak seperti itu.

Sebenarnya, belum ada bukti ilmiah terbaru yang menjelaskan bahwa meminum air rebusan rumput fatimah dapat memperlancar persalinan. Sebab, penelitian itu terakhir kali dilakukan pada 1998 lalu.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa rumput fatimah mengandung oksitosin yang dapat membantu menimbulkan kontraksi. Selain itu, air rendaman rumput fatimah juga dapat membantu proses pemulihan kontraksi rahim pasca persalinan.

Rumput fatimah bisa berbahaya bagi ibu hamil jika diminum pada saat belum terjadi pembukaan. Artinya, rahim dipaksa berkontraksi hingga terjadi mulas. Padahal, jalan keluar janin dari rahim belum ada atau belum lengkap.

Hal ini membuat ibu hamil merasakan kesakitan yang luar biasa. Risikonya juga sangat besar, salah satunya dapat terjadi ruptur uteri, yakni kondisi ketika muncul robekan di dinding rahim ibu hamil.

Sedangkan menurut buku Uji Kompetensi Perawat Indonesia, dijelaskan bahwa pemberian air rebusan rumput fatimah bagi ibu hamil dapat menyebabkan meningkatnya zat oksitosin dalam tubuh. Hal ini sangat membahayakan persalinan dan dapat menimbulkan pendarahan hebat.

Apabila detikers ragu tentang khasiat rumput fatimah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, kesehatan janin dan ibu hamil adalah nomor satu.

Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan

Meski tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil, namun rumput fatimah masih memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Simak manfaat rumput fatimah di bawah ini:

1. Sebagai Sumber Antioksidan
Rumput fatimah mengandung flavonoid yang dapat mencegah dan mengatasi radikal bebas. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan.

2. Memiliki Sifat Antibakteri
Tanaman herbal ini juga memiliki senyawa antibakteri yang baik untuk tubuh. Menurut jurnal yang dipublikasikan pada 2011, peneliti menemukan bahwa ekstrak rumput fatimah memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Penelitian itu juga membuktikan bahwa rumput fatimah dapat melawan sejumlah jenis jamur, seperti Fusarium sp., Candida sp., dan Mucor sp.

3. Menjaga Kulit Tetap Sehat
Manfaat lain dari rumput fatimah adalah dapat menjaga kulit tetap sehat. Studi pada 2010 menunjukkan rumput fatimah memiliki sifat anti-aging karena kandungan antioksidannya.

Tak hanya itu, rumput fatimah juga mengandung quercetin. Senyawa ini memiliki efek meremajakan dan memberikan efek memutihkan kulit, sehingga kulit jadi bersih dan berseri.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Rumput Fatimah Baik untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya"