Hagia Sophia

05 May 2024

Liga Inggris: Man City Kalahkan Wolves 5-1, Haaland Quattrick

Erling Haaland empat gol, Man City gasak Wolverhampton 5-1 (Action Images via Reuters/Lee Smith)

Manchester City melumat Wolverhampton Wanderers 5-1 sekaligus menempel ketat Arsenal di puncak Liga Inggris. Penyerang Citizens Erling Haaland bikin empat gol.

Pada laga yang dihelat di Etihad Stadium, Sabtu (4/5/2024) malam WIB, tiga gol dicetak Haaland di babak pertama dan satu gol lagi di babak kedua. Julian Alvarez bikin gol kelima timnya. Gol hiburan Wolves dicetak Hwang Hee-chan.

Tambahan tiga poin ini membuat City kukuh di posisi kedua Klasemen Liga Inggris dengan 82 poin dari 35 laga, selisih satu poin dari Arsenal. Wolves tertahan di posisi ke-11 dengan 46 poin.

Jalannya pertandingan

City langsung menggebrak sejak menit awal dan sudah mendapat peluang pada menit kedelapan, ketika Rodri menyambar bola liar di kotak penalti dengan sepakan keras tapi masih melayang.

City mendapat penalti pada menit ke-10 saat Rayan Ait-Nouri melanggar Josko Gvardiol di kotak terlarang. Hukuman itu diprotes pemain Wolves tapi wasit bersikukuh kalau Ait-Nouri menyentuh Gvardiol sampai terjatuh.

Erling Haaland yang jadi eksekutor sukses menyarangkan bola ke sisi kiri dan mengecoh Jose Sa yang bergerak ke kanan.

Erling Haaland bikin gol pertamanya dari titik putih. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Gol itu membuat City lebih ganas dalam menyerang sehingga lini belakang Wolves kerepotan. Jose Sa harus bersusah payah menepis bola tandukan Haaland pada menit ke-17.

City bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-35 lewat gol kedua Haaland. Wolves kehilangan bola di daerah sendiri setelah Rodri merebutnya. Dia bermain umpan 1-2 dengan De Bruyne sebelum mengirim crossing ke Haaland.

Bola ditanduk Haaland ke tiang jauh dan Jose Sa cuma terpaku melihat gawangnya bobol.

Tandukan Erling Haaland ke gawang Jose Sa. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Haaland! Penyerang Norwegia itu mencetak hat-trick di masa injury time babak pertama yang diawali pelanggaran Jose Semedo kepadanya. VAR sempat meninjau tekel Semedo sebelum menunjuk titik putih.

Hat-trick Erling Haaland ke gawang Wolverhampton. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Jose Sa berhasil menebak arah tembakan Haaland ke kiri, tapi bola terlalu kencang untuk ditepis sehingga City memimpin 3-0. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Wolves masih dalam tekanan City yang coba menambah gol. Foden mendapat umpan tarik dari Rodri dan langsung menembak ke pojok kiri tapi bisa ditepis Jose Sa.

Wolves berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-53 saat umpan silang Jean-Ricner Bellegarde gagal diantisipasi Ederson dan jatuh di jalur tembak Hwang Hee-chan yang mengirimnya ke pojok gawang.

Hwang Hee-chan menjebol jala Man City. Foto: REUTERS/Molly Darlington

Tak sampai semenit, City memperbesar skor jadi 4-1 lewat gol keempat Haaland. Umpan panjang Phil Foden ke pertahanan Wolves diterima Haaland. Meski dikawali Max Kilmann, Haaland masih bisa melepaskan sepakan kaki kiri ke tiang jauh dan bola melesak mulus.

Gol keempat Manchester City dibuat Erling Haaland. (Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith)

Haaland nyaris bikin gol kelimanya pada menit ke-60 saat meneruskan umpan terobosan Gvardiol dengan sepakan keras, tapi Jose Sa dapat menepisnya.

Julian Alvarez mencetak gol kelima City di laga ini pada menit ke-85. Rodri memberikan umpan terobosan kepada Alvarez yang masuk ke kotak penalti dan menembaknya ke gawang Jose Sa. Skor 5-1 bertahan hingga laga usai.

Julian Alvarez bikin gol kelima Man City ke gawang Sassuolo. (Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith)




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Wolves: Haaland Quattrick, Citizens Pesta Gol 5-1"