Hagia Sophia

05 May 2024

Agar Terhindar dari Perut Buncit, Hindarilah Menu Sarapan Ini

Ilustrasi sarapan. (Foto: Getty Images/ Edwin Tan)

Makan pagi atau sarapan kerap menjadi momen penting sebelum memulai hari. Makan pagi dapat membantu meningkatkan energi dan membantu tubuh untuk menjalani aktivitas setiap hari.

Oleh karena itu, pemilihan menu sarapan yang dikemas dengan zat gizi baik penting dilakukan. Jangan sampai menu sarapan yang dikonsumsi justru berdampak buruk untuk kesehatan atau bahkan membuat berat badan naik dan perut membuncit.

Berikut ini adalah beberapa menu sarapan yang sebaiknya dihindari agar tidak membuat berat badan naik dikutip dari Healthshots:

1. Sereal Tinggi Gula
Memulai hari dengan semangkuk sereal dapat memberikan peningkatan energi yang cepat namun memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan jika terus menerus dikonsumsi. Pilihlah jenis sereal gandum utuh dan rendah gula untuk menjaga tingkat energi stabil dan menghindari lonjakan gula yang tidak diperlukan.

2. Yogurt Berperisa
Yogurt berperisa kerap mengandung gula tersembunyi dan tambahan zat buatan. Pilihlah greek yogurt dan tambahkan buah-buahan segar atau sedikit madu jika ingin menambahkan rasa manis. Greek yogurt merupakan pilihan yogurt yang lebih tinggi protein bila dibandingkan jenis yogurt lainnya.

Cara ini dapat membantu mengontrol kadar gula sambil menikmati sarapan yogurt yang nikmat.

3. Roti Putih
Roti putih dan bagel terbuat dari tepung olahan yang rendah akan serat dan nutrisi seperti yang ditemukan pada biji-bijian. Pilihlah jenis roti gandum yang memiliki serat lebih tinggi dan memberikan tubuh energi yang berkelanjutan serta nutrisi penting.

Untuk menambah nutrisinya, tambahkan isian kaya protein seperti telur atau daging ayam. Irisan tomat, mentimun, dan sayuran berdaun hijau seperti selada juga bisa ditambahkan.

4. Daging Olahan
Daging olahan seperti nugget dan sosis kerap menjadi salah satu menu sarapan andalan karena sangat mudah untuk dibuat. Namun, kandungan natrium dan lemak jenuh dalam makanan jenis ini dapat berbahaya untuk tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Pilihlah protein yang lebih rendah lemak atau alternatif nabati untuk menjaga menu sarapan tetap seimbang dan menyehatkan jantung. Untuk menu sarapan sehat, disarankan untuk mengonsumsi makanan tanpa tambahan gula atau lemak.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Menu Sarapan yang Sebaiknya Dihindari Biar Tak Bikin Perut Buncit"