Hagia Sophia

05 May 2024

Cara Menjaga Kesehatan Agar Ginjal Tetap Sehat Seumur Hidup

Ilustrasi ginjal. (Foto: Getty Images/pepifoto)

Organ ginjal, yang terletak di kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk, memiliki banyak fungsi penting. Ginjal berfungsi sebagai sistem penyaringan darah untuk menghilangkan racun, mempertahankan asupan yang dibutuhkan badan dan membuang limbah atau urine untuk dikeluarkan dari tubuh.

Hanya saja tanpa disadari kebiasaan hidup yang tidak sehat berpengaruh kepada fungsi ginjal. Hal ini akan membuat seseorang rentan mengalami penyakit kronis yang menurunkan kualitas hidupnya.

"Ketika ginjal Anda tidak secara efektif mengeluarkan racun, racun akan menumpuk di dalam darah. Hal ini dapat melukai jantung dan otak serta menyebabkan masalah pada tekanan darah, darah, tulang, dan saraf," kata Dr Joseph Bonventre, kepala departemen kesehatan dari Harvard Medical School.

Tips menjaga kesehatan ginjal salah satunya dengan mencegah kondisi kesehatan yang merusak organ tersebut, seperti diabetes dan hipertensi. Kedua penyakit ini sangat berpengaruh terhadap kerusakan ginjal yang bisa terjadi di kemudian hari.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan ginjal dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive Kidney Disease:

1. Pilih makanan sehat
Pilihlah makanan yang sehat untuk jantung dan seluruh tubuh seperti buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Makan makanan sehat, dan kurangi garam dan gula tambahan.

Targetkan asupan natrium kurang dari 2.300 miligram setiap hari. Usahakan kurang dari 10 persen kalori harian berasal dari tambahan gula.

2. Tetap aktif
Aktiflah selama 30 menit atau lebih hampir setiap hari. Olahraga teratur tidak hanya baik untuk lingkar pinggang tetapi juga dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

3. Tidak merokok
Merokok merusak pembuluh darah tubuh. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh dan ke ginjal. Merokok juga meningkatkan risiko kanker pada ginjal.

4. Minum banyak air
Tubuh perlu terhidrasi dengan cukup agar fungsi ginjal tetap baik. Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal dan menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Targetkan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Berapa banyak air yang dibutuhkan sangat bergantung pada kesehatan dan gaya hidup. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan ketika merencanakan asupan air harian.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Umur Panjang, Hidup Sehat Sampai Akhir Hayat"