Hagia Sophia

05 May 2024

Benarkah Sering Jongkok Bisa Picu Varises?

Foto ilustrasi: shutterstock

Banyak orang yang percaya terlalu sering jongkok bisa menyebabkan varises. Ini dipercaya karena saat kaki ditekuk dan menyebabkan aliran darah akan terhambat.

Ada juga yang menyebut jongkok setelah berlari atau olahraga bisa memicu varises. Sebenarnya itu mitos atau fakta?

Dokter spesialis bedah subspesialis bedah vaskular dan endovaskular RS Royal Progress, dr Hendra Wibowo, SpB, Subsp, BVE(K), menegaskan jongkok menyebabkan varises itu adalah mitos.

"Itu hanya mitos ya, yang menyebabkan varises itu bukan posisinya seperti jongkok atau duduk bersila. Tapi, berdiri atau duduk terlalu lama," tegas dr Hendra pada detikcom, Kamis (2/5/2024).

"Memang benar kalau kita bersila terlalu lama, terutama setelah olahraga atau jongkok terlalu lama, sirkulasi darahnya sedikit terganggu. Tapi tidak serta merta menjadi varises," sambung dia.

Dalam penjelasannya, dr Hendra mengatakan saat terlalu lama berdiri atau duduk, membuat darah melawan gravitasi dari katup-katup yang ada di pembuluh darah. Pada posisi tersebut, darah akan terus mengalir ke bawah dan tidak bisa naik lagi ke jantung.

dr Hendra menegaskan pembuluh darah tidak seperti kertas, yang saat ditekuk membuat aliran darah tidak bisa mengalir. Pembuluh darah akan mengikuti kontur anatomi kaki.

"Jadi, kalau tidak lama ditekuknya, duduk bersila, atau jongkok dalam waktu yang tidak lama, saya kira tidak ada masalah," tutur dr Hendra.

"Pembuluh darah itu elastis, mengikuti kontur dari kaki kita. Darah tetap bisa lewat, cuma lebih terhambat. Jadi, akan lebih baik jika dalam posisi rileks atau sedikit diluruskan," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Keseringan Jongkok Bisa Picu Varises, Mitos atau Fakta? Dokter Bilang Gini"