Hagia Sophia

02 January 2023

Nasi Putih Penyebab Kencing Manis?

Nasi putih memicu kencing manis? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Kandungan gula pada nasi putih disebut-sebut menjadi pemicu diabetes alias kencing manis. Pro-kontra bermunculan, mengingat nasi putih sudah sejak lama menjadi makanan pokok di sebagian besar wilayah Asia.

Para pakar mengatakan, nasi putih sebenarnya tidak beda dengan sumber karbohidrat pada umumnya. Jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat, kandungan gulanya menjadi sumber energi yang bermanfaat.

Sebaliknya, jika dikonsumsi lebih banyak dari kebutuhan kalori seseorang maka kelebihan gulanya akan ditimbun dalam tubuh dan memicu masalah kesehatan. Namun penting dicatat, hal yang sama juga berlaku untuk makanan lain yang mengandung gula dan karbohidrat.

Nah, kencing manis sendiri apa sih penyebabnya?

Kencing manis atau diabetes mellitus dibedakan menjadi beberapa tipe, yang paling umum adalah tipe 1 dan 2. Pada keduanya, insulin gagal mengontrol kadar gula dalam darah.

Dikutip dari Mayo Clinic, diabetes tipe 1 lebih banyak dikaitkan dengan riwayat penyakit serupa pada keluarga. Artinya, risikonya meningkat jika ada anggota keluarga lain yang pernah mengidapnya.

Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 lebih banyak dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Di antaranya yang paling utama adalah pola makan tidak sehat dan kurang olahraga.

Obesitas juga termasuk di antaranya. Asupan kalori yang berlebih tanpa diimbangi aktivitas fisik yang cukup, akan memicu timbunan gula dan lemak yang meningkatkan risiko diabetes.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nasi Putih Disebut-sebut, Penyebab Kencing Manis Sebenarnya Apa Saja?"