Hagia Sophia

02 January 2023

Ramai Diperbincangkan di AS, Pesawat Alien atau Awan?

Penampakan awan aneh mirip pesawat luar angkasa ada di langit California. Foto: Twitter/Brian Lynch

Viral di media sosial sebuah UFO atau benda tidak dikenali berada di langit California. Bentuknya menyerupai awan yang seperti di film scifi 'Nope'.

Banyak orang yang tidak bisa menerka fenomena apa yang sedang terjadi di langit dekat Palm Springs itu. Mereka pun memilih dan menyebarkannya ke media sosial.

Namun, untuk yang pertama kali yang membocorkan ke media sosial adalah Brian Lynch seorang penulis skenario.

"Awannya BESAR BANGET. Itu ada di atas kami. Anakku berpikir itu keren sekali," kata Brian Lynch kepada SFGATE.

Lynch melihat benda itu bersama keluarganya sekitar pukul 13.00 di suatu hari Selasa. Dia pun membagikannya ke Twitter sembari menautkan aktor di film Nope, Jordan Peele.

Lantas sebenarnya apa benda aneh yang terlihat seperti piringan pesawat luar angkasa itu? Dr James Danoff-Burg, direktur konservasi di Living Desert Zoo and Gardens di Palm Desert mencoba membantu menjelaskan.

Tenang, formasi itu bukanlah pesawat ruang angkasa alien dengan maksud untuk menangkap segerombol manusia untuk tujuan penelitian. Sebenarnya, itu adalah jenis awan umum yang sering muncul di atas cagar alam kebun binatang. Fenomena tersebut adalah awan lenticular, yang digambarkan tampak seperti 'panekuk bertumpuk'.

"Hari itu luar biasa karena kami memiliki satu yang ditumpuk setinggi tiga tingkat, ini jarang!" seru Danoff-Burg sebagaimana melansir NY Post.

Jadi, benda berbentuk aneh itu bukanlah pesawat alien yang sedang berkamuflase. Itu benar-benar hanya awan yang memiliki bentuk unik dan tidak jarang nampak. By the way, ada yang pernah lihat awan serupa?






















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Geger UFO di Langit Amerika, Awan atau Pesawat Alien?"