Hagia Sophia

02 January 2023

Anak Muda yang Alami Diabetes di AS Diperkirakan Meningkat Cepat

Diabetes di kalangan anak muda diprediksi naik (Foto: shutterstock)

Diabetes tipe 2 membuat tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau sel-sel tubuh tidak merespons insulin secara normal. Ini adalah jenis diabetes yang paling umum. Diperkirakan 95 persen pengidap diabetes adalah tipe 2, tipe yang menyerang orang paruh baya dan lansia.

Namun, baru-baru ini laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan Institusi Kesehatan Nasional mengungkapkan jumlah anak muda di Amerika Serikat yang mengalami diabetes tipe 2 akan diprediksi meroket hampir 700 persen pada tahun 2060 jika kenaikan saat ini terus berlanjut.

Dikutip dari NY Post, studi baru dalam jurnal medis American Diabetes Association menyebutkan kemungkinan lonjakan pada usia muda dengan diabetes tipe 1 berada di angka 65 persen.

"Penelitian baru ini harus menjadi peringatan bagi kita semua," kata Dr Debra Houry, wakil direktur utama CDC.

"Sangat penting bagi kami untuk memfokuskan upaya kami untuk memastikan semua orang Amerika, terutama kaum muda kami, menjadi yang paling sehat." tambah Houry.

Lebih dari 37 juta orang Amerika Serikat atau sekitar 1 sampai 10 orang sudah mengidap diabetes yang tidak bisa disembuhkan, hal tersebut menjadikan penyebab kematian ketujuh di negara ini.

Para peneliti mengatakan tingkat pertumbuhan yang mengkhawatirkan ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari diabetes gestasional atau penyakit diabetes yang terjadi saat kehamilan pada wanita usia subuh, dan prevalensi obesitas masa kanak-kanak yang sudah mendarah daging dalam budaya AS.

"Prediksi mengejutkan dari studi ini tentang peningkatan diabetes tipe 2 menunjukkan mengapa sangat penting untuk memajukan pemerataan kesehatan dan mengurangi kesenjangan luas yang telah merugikan kesehatan masyarakat," kata Christopher Holliday, direktur Divisi Translasi Diabetes CDC.

Komplikasi kesehatan diabetes yang paling umum termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal kronis, kerusakan saraf, dan berbagai penyakit lain yang terkait dengan kaki, mulut, penglihatan, pendengaran, dan kesehatan mental.

Sementara itu penyakit ini dapat meningkat lebih cepat pada orang muda daripada orang dewasa, yang membutuhkan perawatan medis lebih awal, catat para peneliti.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alert! Diabetes di Kalangan Anak Muda Diprediksi Meningkat"