Hagia Sophia

02 January 2023

Piala AFF 2022: Filipina Akan Hadapi Indonesia dengan Pemain 'Seadanya'

Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto

Filipina tak diperkuat beberapa pemain terbaiknya pada ajang Piala AFF 2022. Kondisi ini harus dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk menang saat kedua tim berjumpa.

Laga Filipina Vs Timnas Indonesia akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023), pukul 19.30 WIB. Bagi Filipina laga ini sudah tidak berpengaruh karena telah dipastikan tersingkir, sebaliknya menjadi penentu nasib Timnas Indonesia.

Setidaknya Timnas Indonesia harus menang dengan skor besar andai mau mengakhiri fase grup sebagai pemuncak klasemen. Saat ini Timnas Indonesia ada di posisi kedua dengan tujuh poin, kalah selisih gol dari Thailand yang memuncaki klasemen dengan perolehan angka yang sama.

Di laga lain, Thailand akan menjamu Kamboja di Stadion Thammasat. Kamboja yang mengoleksi enam poin di urutan ketiga, masih mempunyai peluang untuk lolos andai menang atas Thailand sehingga akan mengakhiri fase grup dengan sembilan angka.

Kamboja diprediksi akan tampil all-out untuk mempertaruhkan peluang mereka ke semifinal. Andai Thailand yang menang, maka Timnas Indonesia harus menang dengan skor besar atas Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun sudah mengungkap hasratnya untuk menang dengan skor besar. Keinginan Shin Tae-yong bisa terwujud mengingat Filipina sedang menjalani turnamen dalam kondisi yang kurang baik.

The Azkals hanya meraih tiga poin dari tiga laga berkat kemenangan 5-1 atas Brunei. Dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan 2-3 dari Kamboja dan 0-4 dari Thailand.

Padahal tim ini berhasil mencapai semifinal empat kali pada edisi 2010, 2012, 2014, dan 2018. Bisa dibilang ini merupakan salah satu kiprah terburuk Filipina dalam 12 tahun terakhir.

Dari berbagai alasan, absennya beberapa pemain pilar menjadi salah satu faktornya. Setidaknya ada 11 pemain yang tak memperkuat tim ini karena tidak dipanggil atau memenuhi panggilan.

Mereka adalah; Neil Etheridge, Daisuke Sato, Carli de Murga, Manuel Ott, Mike Ott, Gerrit Holtmann, Kevin Ingreso, Patrick Reichelt, OJ Porteria, hingga Bienve Maranon.

Rangkaian hasil buruk Filipina pada edisi Piala AFF kali ini tak terlepas dari absennya nama-nama di atas. Timnas Indonesia harus bisa memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin.
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Piala AFF 2022: Filipina Pincang, Kesempatan buat Indonesia"