Hagia Sophia

02 January 2023

Tinjau Pasar Tanah Abang, Jokowi Tidak Makai Masker

Presiden Jokowi saat meninjau Blok A Pasar Tanah Abang. (Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat tidak menggunakan masker saat meninjau Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Menanggapi ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menilai kemungkinan kondisi Presiden Jokowi saat ini sedang merasa sehat.

Maka dari itu, saat meninjau pasar Presiden Jokowi tidak menggunakan masker.

"Dia (Presiden Jokowi) mungkin merasa dia sehat. Saya nggak tahu, tadi saya nggak ikutin pasarnya apakah terbuka atau tertutup," jawab Menkes Budi kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

"Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya aman-aman saja. Tapi memang saya sih kalau di kerumunan, ruang tertutup kalau ada orang batuk itu kan ya saya anjurkan (pakai)," sambung dia.

Menurut Menkes Budi, penggunaan masker usai pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) itu bersifat kesadaran diri masing-masing. Tetapi, ia menganjurkan tetap menggunakan masker jika berada di ruangan tertutup dan kerumunan.

Namun, Menkes Budi menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat. Ia tidak mempersoalkan tidak memakai masker, jika masyarakat merasa sehat dan aman.

"Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat. Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka kayak gini nggak perlu, ya nggak usah," jelas dia.

"Karena memang ya itu tadi strategi dari pandemi ke endemi itu intervensi dari pemerintah dikurangi, tapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan," tuturnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Tak Pakai Masker saat Tinjau Pasar, Menkes Bilang Gini"