Hagia Sophia

02 January 2023

PM Malaysia Akan Kunjungi Indonesia Bulan Ini

Presiden Jokowi menerima Menlu Malaysia (Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan berkunjung ke Indonesia pada Januari 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana kunjungan tersebut.

Rencana kunjungan Anwar Ibrahim itu disampaikan Menlu Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2022). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan selamat atas pemerintahan baru Malaysia di bawah PM Anwar Ibrahim.

Menlu RI Retno LP Marsudi mengatakan Jokowi memberikan perhatian utama terhadap isu pelindungan warga negara Indonesia di Malaysia. Jokowi berharap, di bawah kepemimpinan PM Anwar Ibrahim, sistem perekrutan pekerja migran Indonesia melalui penempatan satu kanal atau one channel system (OCS) dapat berjalan baik.

"Di sinilah Menteri Luar Negeri Malaysia kembali menyampaikan komitmen mengenai pelindungan pekerja migran Indonesia di Malaysia," kata Retno setelah mendampingi Jokowi seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Selanjutnya, Jokowi juga menyambut baik rencana kunjungan PM Anwar Ibrahim ke Indonesia yang dijadwalkan pada Januari mendatang. Jokowi pun meminta Menlu Retno menyiapkan sejumlah kerja sama konkret dengan Malaysia.

"Jadi, sudah ada komitmen bahwa PM Anwar Ibrahim akan melakukan kunjungan ke Indonesia dan saya diminta untuk mempersiapkan kerja sama-kerja sama konkret yang dapat dihasilkan dari kunjungan PM Anwar Ibrahim ke Indonesia," kata Retno.

Selain itu, menurut Retno, dalam pertemuan tersebut, Menlu Malaysia Dato' Seri Zambry menyampaikan dukungan dan kepercayaannya terhadap Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN tahun depan. Menlu Malaysia mengatakan bahwa keketuaan Indonesia merupakan keketuaan yang sangat kuat di tengah tantangan global yang cukup banyak.

"Dato' Sri Zambry menyampaikan keyakinannya bahwa keketuaan Indonesia adalah keketuaan yang sangat kuat di tengah situasi yang memang memerlukan keketuaan yang kuat karena situasi dunia dan kawasan saat ini tantangannya cukup banyak," kata Retno.























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "PM Malaysia Anwar Ibrahim Kunjungi Indonesia Januari 2023"