Hagia Sophia

12 June 2023

Tips Menahan Lapar Akibat Makan Kekenyangan di Malam Hari

Foto: Getty Images/iStockphoto/molishka1988

Banyak orang yang sering merasa lapar tiba-tiba di malam hari. Ternyata rasa lapar tersebut dapat dicegah dengan menerapkan lima pola makan sehat ini.

Banyak orang yang sering merasakan serangan lapar yang tiba-tiba ketika malam hari. Biasanya kondisi ini akan membuat bingung apakah harus tetap makan atau membiarkannya saja dan segera tidur malam.

Ternyata kondisi lapar yang datang saat malam hari juga dipengaruhi dengan pola makan yang kurang baik. Kebiasaan melewatkan waktu sarapan disebut oleh ahli juga menjadi salah satu pemicunya.

Memperbaiki pola makan menjadi lebih teratur dan sehat adalah cara terbaik untuk mencegah rasa kelaparan saat malam hari. Agar tak salah lagi, simak cara mudah untuk mengatasi lapar yang diungkapkan oleh ahli kesehatan dan data yang telah diamati.

Berikut ini 5 cara mencegah rasa lapar saat malam hari menurut Food NDTV:

Menyantap sarapan wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan dan pola makan. Foto: Getty Images/iStockphoto/molishka1988

1. Jangan lupa sarapan
Berulang kali ahli gizi dan ahli kesehatan lainnya beramai-ramai mengingatkan untuk tidak pernah melewatkan waktu sarapan. Bukan hanya berguna untuk mencegah lapar dari pagi hingga siang hari ternyata sarapan juga bermanfaat menjaga kecukupan tubuh hingga malam hari.

Menyantap sarapan dapat mencegah makan berlebihan dan membuat tubuh lebih mudah mengendalikan nafsu makan. Orang yang rutin makan sarapan disebut akan terhindar dari rasa lapar yang tiba-tiba saat malam hari.

Bukan hanya sarapan tetapi menunya yang bernutrisi juga wajib diperhatikan. Sarapan yang tepat akan membuat tubuh lebih berenergi dari siang hingga malam hari.

2. Makan lebih sering
Masih banyak yang belum memahami konsep makan dengan intensitas yang lebih sering. Membagi waktu makan menjadi lebih banyak dalam sehari telah terbukti oleh ahli jauh lebih sehat dibandingkan membagi waktu makan lebih sedikit.

Perlu diingat bahwa makan lebih banyak tandanya kamu harus mengurangi jumlah porsi pada setiap waktu makannya. Makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering ini juga cocok untuk kamu yang ingin perut lebih ramping.

Pola makan seperti ini membuat tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup secara berkala. Trik lainnya untuk menerapkan pola diet ini adalah dengan menggunakan piring yang juga lebih kecil sehingga makanan akan tampak sama seperti porsi biasanya.

3. Minum air mineral
Minum bukan berarti hanya bermanfaat untuk melepaskan dahaga. Minum air mineral dengan jumlah yang cukup dan sesuai petunjuk ahli akan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Bahkan sebelum mulai makan, ahli gizi menyarankan untuk setidaknya minum satu atau dua gelas. Cara ini dapat membantu mencegah makan berlebihan dan membuat tubuh mengenali kebutuhannya terlebih dahulu.

Jangan lupa setelah menyantap makanan utama juga kembali minum air mineral agar menekan keinginan untuk menambah makanan lain. Tetapi tidak disarankan untuk minum di tengah-tengah waktu makan karena akan berdampak buruk bagi pencernaan.

4. Penuhi kebutuhan protein

Selain karbohidrat, protein juga dibutuhkan untuk memberikan rasa kenyang. Foto: Getty Images/iStockphoto/molishka1988

Rasa kenyang tidak hanya datang dari karbohidrat. Memilih makanan yang salah justru dapat mempercepat rasa lapar untuk datang kembali walaupun sudah makan banyak.

Solusi untuk memberikan rasa kenyang yang lebih panjang adalah dengan mencukupi kebutuhan protein. Protein juga memiliki peran untuk memberikan rasa kenyang bahkan lebih lama daripada karbohidrat.

Ketika memasuki waktu sarapan dan makan siang, pastikan untuk mengonsumsi makanan-makanan tinggi protein. Cara ini dikatakan oleh ahli dapat mencegah rasa lapar pada malam hari.

5. Makan perlahan
Memiliki jadwal yang sibuk membuat banyak orang akan melakukan semua hal secara terburu-buru. Tetapi makan dalam kondisi terburu-buru adalah hal yang wajib dihindari karena berbahaya bagi kesehatan pencernaan maupun pola makan sehat.

Makan secara perlahan akan membantu otak mengenali kebutuhan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makan dengan perlahan akan mencegah mengonsumsi makanan secara berlebihan yang lebih efektif.

Otak sebagai pusat sistem saraf pada tubuh membutuhkan waktu untuk mengenali kapasitas perut. Sehingga ketika makan terlalu cepat akan lebih banyak makanan yang masuk tanpa sempat dikenal oleh otak.
























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "5 Cara Mudah Cegah Lapar dan Makan Berlebih di Malam Hari"