Hagia Sophia

12 June 2023

Beberapa Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Foto: Getty Images/iStockphoto/dontree_m

Selama ini, detikers mungkin lebih terbiasa makan beras atau nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Faktanya, ada beras merah yang ternyata dinilai lebih sehat bagi tubuh.

Bedanya dengan beras putih, beras merah tidak memiliki kulit luar. Makanya, warnanya pun cenderung merah, yang menyebabkan diberi nama beras merah.

Menurut beberapa penelitian, disebutkan bahwa dalam dunia kesehatan, beras merah direkomendasikan untuk jenis penyakit tertentu. Selain itu, beras merah cocok dimakan oleh detikers yang ingin memulai gaya hidup yang lebih sehat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai beras merah serta cara pengolahannya.

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Mengonsumsi beras merah dipercaya dan terbukti mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, ini penjelasannya.

1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Setelah makan nasi, umumnya kadar gula darah dalam tubuh akan melonjak. Sementara itu, nasi merah mengandung indeks glikemik (GI) yang rendah. Maka dari itu, mengonsumsi beras merah tidak membuat kadar gula meningkat setelah makan. Merujuk pada WebMD, konsumsi beras merah setiap harinya dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

2. Makanan Pendukung Diet Sehat
Bagi detikers yang punya masalah dengan berat badan berlebih, mungkin ini sudah saatnya bagimu untuk menambahkan beras merah ke menu harian. Beras merah, selain dapat menurunkan berat badan, juga dapat membuat massa tubuh berkurang. Karena itu, beras merah direkomendasikan bagi penderita obesitas.

3. Mencegah Pola Makan Berlebihan
Dibandingkan beras putih, beras merah lebih tinggi kandungan seratnya. Tak heran, mengkonsumsi beras merah dapat membuat rasa kenyang jadi lebih awet. Mengganti beras putih dengan beras merah nantinya secara otomatis akan membuat pola makan lebih terjaga.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Merujuk pada Healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi beras merah lebih kecil risikonya untuk terkena penyakit jantung, yakni hingga 16-21% dibandingkan orang yang tidak rutin makan beras merah. Selain itu, beras merah dinilai mampu menurunkan jenis kolesterol total dan LDL.

5. Redakan Peradangan Tubuh
Peradangan dalam tubuh disebabkan oleh senyawa radikal bebas. Untuk memerangi radikal bebas agar tak sampai menyebabkan peradangan, diperlukan asupan antioksidan, yang salah satunya bisa diperoleh dari beras merah. Bahkan, antioksidan ini sangat bermanfaat untuk menghindari jenis penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker.

Cara Memasak Beras Merah

Pada dasarnya, cara untuk memasak beras merah hampir sama dengan cara memasak beras putih.
  1. Bersihkan beras merah dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada beras
  2. Masukkan beras merah yang sudah dicuci ke panci terpisah
  3. Tambahkan air dengan takaran sekitar 1 ½ gelas
  4. Rebus di dalam panci dengan panas rendah
  5. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan pastikan panci dalam keadaan tertutup
  6. Setelah matang, matikan dan angkat kukusan beras merah tadi
  7. Diamkan selama 10 menit, kemudian kukus untuk kedua kalinya sebelum disajikan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Diet"