Hagia Sophia

12 June 2023

Mana yang Lebih Baik di Konsumsi, Kopi Instan atau Kopi 3-in-1?

Foto: Getty Images/iStockphoto/eskymaks

Penggemar kopi kerap minum kopi instan atau kopi 3 in 1 karena lebih praktis. Meski keduanya terlihat sama, tapi terdapat perbedaan besar. Lantas, mana yang lebih baik?

Tidak semua penggemar kopi menyeduh kopinya dari biji kopi segar. Beberapa orang memilih cara lebih praktis yaitu dengan menyeduh dari kopi instan atau pilihan lainnya kopi 3 in 1.

Sekilas kopi instan atau kopi 3 in 1 mungkin terdengar sama. Namun tetap saja kedua kopi ini punya perbedaan.

Lantas apa saja bedanya? Mana yang lebih baik diminum? Merangkum Waka Coffee, berikut penjelasannya.

1. Apa itu kopi instan?

Kopi instan dibuat dari biji kopi alami yang melalui proses panjang untuk menghasilkan bubuk kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/eskymaks

Kopi instan adalah jenis kopi larut yang datang dalam dua bentuk berbeda, tergantung dari cara mengeringkannya.

Kopi instan bisa hadir dalam bentuk bubuk halus atau butiran kristal. Untuk membuat bubuk kopi ini, kopi yang diseduh (brewed coffee) harus melewati proses pengeringan semprot (spray drying process), dengan menggunakan panas suhu tinggi untuk mengubahnya menjadi bubuk kopi halus.

Untuk membuat butiran kopi yang lebih seperti kristal, kopi yang diseduh akan melalui proses pengeringan beku untuk membuatnya menjadi beku. Kemudian melalui proses sublimasi, air diekstrak dan bongkahan kecil butiran kopi akan tertinggal.

Berlawanan dengan kesalahpahaman umum, kopi instan sebenarnya tetap terbuat dari biji kopi murni. Namun harus melewati proses panjang hingga menjadi bubuk instan.

2. Apa itu kopi 3 in 1 ?

Kopi 3 in 1 disarankan tidak diminum berlebihan karena kandungan di dalamnya mampu membahayakan tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/AsherDB

Kopi 3 in 1 punya bentuk dan tekstur bubuk. Maksud 3 in 1 di sini karena terdiri dari tiga bahan utama mulai dari kopi instan, gula, dan krimer.

Berbeda dengan kopi instan murni, kopi 3 in 1 hadir dengan bahan tambahan. Di dalamnya terdapat pemanis, kirimer, dan perasa buatan. Oleh karena itu, rasanya akan mirip dengan campuran cappuccino.

Secara khusus, bahan khas yang kerap ditemui di dalam kopi 3 in 1 meliputi gula, sirup glukosa, minyak inti kelapa sawit terhidrogenasi, penyedap rasa, garam, dan bubuk kopi instan.

3. Baguskah minum kopi 3 in 1?

Kopi 3 in 1 dianjurkan untuk tidak menjadi pilihan pertama. Foto: Getty Images/iStockphoto/eskymaks

Menurut Waka Coffee, kopi 3 in 1 sebaiknya tidak jadi pilihan utama. Tak hanya soal tambahan gula, penyedap, dan sirup glukosa saja, tetapi juga karena kandungan minyak inti kelapa sawit itu. Meskipun tidak semua kopi 3 in 1 mengandung bahan tersebut, tetapi lebih baik tetap dihindari.

Menurut American Heart Association, minyak inti sawit yang terhidrogenasi harus dibatasi konsumsi ya. Bahkan dihilangkan sepenuhnya dari bahan makanan.

4. Apa yang membuat kopi 3 in 1 tidak sehat?

Bahan di dalam kopi 3 in 1 inilah yang menjadi pertimbangan. Misalnya, bahan aktif dalam kopi 3 in 1 adalah sirup glukosa yang pada dasarnya menjadi sumber gula dengan kalori pekat.

Mengonsumsi sirup glukosa secara teratur atau dalam jumlah banyak, dapat meningkatkan risiko obesitas, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.

Bahan aktif lain yang perlu dihindari yaitu minyak inti sawit terhidrogenasi. Minyak ini sangat diproses dan mengandung lemak trans dalam jumlah besar. Lemak trans mampu meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (Low density lipoprotein), trigliserida, dan kadar insulin, serta mengurangi kolesterol baik atau HDL (High density lipoprotein).

Tingkat LDL lebih tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung di antara masalah kesehatan lain.

5. Lebih baik mana, kopi instan atau kopi 3 in 1?

Kopi bubuk instan dan kopi 3 In 1 rupanya memiliki cukup banyak perbedaan. Kopi instan sebenarnya lebih baik karena menggunakan biji kopi alami yang diproses melalui banyak rangkaian.

Meskipun proses tersebut menghilangkan kadar air di dalamnya, tetapi efeknya tidak begitu terasa.

Sedangkan kopi 3 in 1 lebih baik dihindari karena bahan di dalam campuran kopi bisa lebih berbahaya. Sebagian besar campuran kopi 3 in 1 hanya mengandung sekitar 10% bubuk kopi instan.

Untuk membuat secangkir kopi yang nikmat, cepat, dan masih aman, jauh lebih baik menyeduh sendiri kopi instan murni. Gula dan krimer juga bisa ditambahkan sendiri sesuai takaran yang aman.
























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Kopi Instan Versus Kopi 3-in-1, Mana yang Lebih Baik Diminum?"