Hagia Sophia

12 June 2023

Benarkah Kebanyakan Konsumsi Seblak Bikin PCOS? Ini Kata Ahli

Makan seblak bikin PCOS? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Muhammad rijal Setiawan)

Gangguan hormon pada wanita kebanyakan dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Makanan yang dikonsumsi bisa menjadi pemicu wanita mengidap gangguan hormon mulai dari endometriosis, hipertiroid sampai Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Belakangan viral jajanan seblak yang sedang digandrungi warga Tanah Air. Benar nggak sih kebanyakan makan seblak bikin PCOS?

"Kalau makannya sembarangan, bisa memicu PCOS. Seblaknya harus tau isinya apa. Kalau seblak kan banyak karbonya, disiram minyak," kata spesialis obstetri dan ginekologi dr R Muharam Natadisastra, SpOG, Supsp FER saat ditemui detikcom di agenda Gangguan Hormon pada Wanita, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023).

"Ada namanya inflamasi peradangan. Kalau kebanyakan makan karbo, gula, itu kan panas ya jadi mengganggu pembentukan sel telur. Bukan cuma PCOS tapi juga endometriosis," sambungnya.

Wanita dengan PCOS mungkin memiliki periode menstruasi yang jarang atau berkepanjangan atau kelebihan kadar hormon pria (androgen).

Kondisi PCOS akan mempengaruhi menstruasi dan kesuburan wanita. Disebutkan, wanita dengan PCOS akan sulit untuk hamil dan berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi selama kehamilan.

"Pada PCOS ini penyebab terbesarnya lifestyle, jadi yang utama jadi pemicu itu apa yang dia makan. Usahakan mengubah lifestyle dan olahraga teratur biar metabolisme naik," pungkas dr Muharam.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kebanyakan Makan Seblak Bikin PCOS? Kata Dokter Obgyn Sih Begini"