Hagia Sophia

12 June 2023

Cerita Awal yang 'Hanya' Miliki Berat 150 Kg

Foto: Seorang pria obesitas di Tangerang dievakuasi menggunakan forklift. BPBD Kota Tangerang sampai membongkar pintu rumah untuk memudahkan proses evakuasi. (dok Ist)

Pria Tangerang bernama Muhammad Fajri menjadi sorotan media dan warganet selama beberapa hari terakhir. Pria berusia 27 tahun ini mencuri perhatian lantaran memiliki berat badan hingga 300 kg.

Kondisi tersebut berawal setelah Fajri mengalami kecelakaan motor setahun silam. Kecelakaan itu membuat Fajri mengalami luka di kaki dan gangguan mobilitas, yang memaksanya tirah baring selama delapan bulan.

Meski begitu, Fajri ternyata tidak memeriksakan kondisinya ke rumah sakit. Dia hanya menerima penanganan berupa pijit/urut tradisional.

"Selama enam bulan itu diurut aja. Tapi dia nggak mau bergerak setelah diurut itu. Mungkin kurang spesial, yang ngurut ibu-ibu soalnya, dia (Fajri) dalam kondisi besar, namanya ibu-ibu tenaganya kan nggak ada ya," terang salah seorang tetangga, Rahmat, saat ditemui detikcom, Minggu (11/6/2023).

Meski sudah diurut, kondisi Fajri tak kunjung membaik. Padahal sebelumnya dia masih bisa beraktivitas seperti normal.

"Dia (Fajri) memang gemuk, kurang lebih 150 kg. Tapi masih bisa bawa motor. Tadinya dia bisa pulang pergi, cari makan, cari duit," ungkap Rahmat.

Ia menambahkan selama mengalami tirah baring, Fajri dan ibunya hanya bisa mengandalkan pertolongan tetangga dan warga sekitar.

"Tetangga sebelah kiri-kanan selalu bantu-bantu untuk makan, listrik token. Dia kan susah buat mencet, ibunya juga nggak bisa karena dalam kondisi tertatih, jadi kadang saya bantuin mencet (token)," ucapnya.

Akhirnya setelah mendapatkan bujukan dari RT dan warga sekitar, Fajri memutuskan untuk berobat ke rumah sakit.

"Diajak pertama kali sama RT, dinkes, dan puskesmas tapi dia nggak mau karena malu atau gimana. Terus dua minggu kemudian baru ada keputusan, mungkin karena udah merasa kesakitan. Kadang tengah malam saya dengar dia suka nangis sampai jam tiga pagi," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Awalnya 150 Kg, Tetangga Ungkap Pemicu BB Pria Tangerang Membengkak hingga 300 Kg"