Hagia Sophia

12 June 2023

Cerita Pria yang Pernah Miliki Bobot 600 Kg, Sempat Kena COVID-19

Juan Pedro Franco. (Foto: AFP via Getty Images/HECTOR GUERRERO)

Seorang pria asal Meksiko menceritakan kisahnya yang sempat mencetak rekor dunia sebagai Manusia Terberat dari catatan Guinness World Records di tahun 2016. Saat itu di usia 32 tahun, beratnya hampir mencapai 600 kg.

Akibat kondisi itu, pria bernama Juan Pedro Franco mengalami masalah kesehatan. Ia terus berusaha melakukan diet, tetapi tak kunjung berhasil.

Kondisi itu hampir merenggut nyawanya. Juan tidak bisa bergerak, hanya bisa terbaring di tempat tidur dan harus menggunakan popok karena tidak bisa pergi ke toilet.

Mengetahui usahanya tak kunjung berhasil, Juan mulai putus asa. Hal itu membuatnya ingin melakukan operasi.

Namun, saat akan melakukan operasi dia baru mengetahui dirinya mengidap penyakit kronis. Juan didiagnosis mengidap diabetes tipe 2, disfungsi tiroid, hipertensi, dan cairan di paru-parunya.

Hingga di tahun 2017, dia berhasil mengurangi berat badannya dan diizinkan untuk menjalani operasi pita lambung. Juan pun mulai mengubah pola makan serta olahraga.

Dalam tiga tahun, Juan telah kehilangan berat badannya sebesar 330 kg yang luar biasa dan beratnya mencapai 260 kg. Juan juga sempat terinfeksi COVID-19.

"Hanya dengan bisa mengangkat tangan dan bangun setiap hari, bangun untuk minum segelas air atau pergi ke toilet, membuat Anda merasa luar biasa," tuturnya yang dikutip dari Daily Star.

"Rasanya luar biasa bisa bergerak lebih banyak dan lebih mandiri," lanjut dia.

Ahli bedahnya, José Antonio Castañeda Cruz menyebut penurunan berat badan Juan dapat membantu penyakit kronis yang diidapnya terkendali dengan baik. Bahkan, bisa membuatnya pulih total dari COVID-19.

"Yang menarik adalah diabetes, hipertensi, dan semua penyakitnya terkendali. Dia orang yang sehat dan buktinya dia terinfeksi COVID dan itu tidak mempengaruhinya," jelasnya.

Juan menjelaskan sejak kecil, Juan sudah mengalami masalah berat badannya. Saat usianya 6 tahun, berat badannya sudah mencapai 63,5 kg.

Mulai remaja, Juan mengalami cedera yang membuat kondisinya semakin memburuk. Di usia 17 tahun, berat badan Juan sudah mencapai 228 kg.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Derita Pria Berbobot 600 Kg hingga Nyaris Meninggal"