Hagia Sophia

20 October 2023

Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan, Bisa untuk Merawat Kulit

Foto: detikHealth

Dari beragam tanaman yang tumbuh di Indonesia, di antaranya ada yang bermanfaat bagi kesehatan dan bantu menyembuhkan penyakit. Salah satunya yakni kayu bajakah.

Dilansir Buku Referensi Batang Pohon Bajakah Tampala susunan Bela Novita Amaris Susanto, dkk, bajakah (Spatholobus littoralis) merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam genus Spatholobus. Tumbuhan ini aslinya berasal dari Indonesia dan Filipina.

Di Indonesia, tanaman bajakah dapat ditemukan di kawasan hutan di Kalimantan Tengah. Tumbuhan ini hanya hidup di bagian terdalam hutan yang memiliki lahan gambut. Sejumlah warga lokal di sana sebenarnya telah mengenal tanaman ini, tapi pemanfaatannya untuk kesehatan belum dilakukan sepenuhnya.

Bagian dari tanaman bajakah yang populer memiliki manfaat adalah akar dan batangnya. Batang kayu bajakah berwarna cokelat, dapat tumbuh besar serta tinggi yang mencapai 50 meter. Akar atau batang ini bisa tumbuh merambat sampai ke puncak pohon yang dirambatinya.

Kalau dipotong, akar tanaman ini akan mengeluarkan getah atau air bening. Tidak getah berwarna putih susu atau merah seperti pohon-pohon lainnya. Kulit akarnya pun mudah dikelupas meski hanya menggunakan tangan kosong.

Lantas, apa manfaat akar kayu bajakah? Apakah benar berkhasiat bagi kesehatan? Simak uraian di bawah ini untuk ketahui lebih lanjut tentang tanaman bajakah.

Kandungan Kayu Bajakah

Masih dari sumber yang sama, kayu bajakah mengandung senyawa alkaloid, fenolik, tanin, saponin, terpenoid, dan flavonoid setelah diteliti. Batang atau akarnya ini bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat dan antibakteri.

Kandungan flavonoid yang dikandungnya juga dinilai memiliki beberapa manfaat lain seperti memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Sementara senyawa tanin akan bantu menghambat pembentukan sel bakteri.

Pada penelitian lain, flavonoid juga berfungsi sebagai antialergi, antiinflamasi, dan antihipertensi.

Khasiat Kayu Bajakah

Akar atau batang kayu bajakah diyakini punya sejumlah khasiat bagi kesehatan, yakni:

1. Meningkatkan Imun Tubuh
Beragam senyawa nutrisi yang terkandung dalam batang bajakah dinilai bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Demikian bajakah bisa dikonsumsi oleh pengidap autoimun, yakni penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan atau imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

2. Menyembuhkan Luka
Manfaat satu ini telah dikenal lama oleh warga lokal Kalimantan. Lantaran mereka kerap menggunakan kayu bajakah sebagai obat tradisional untuk menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka.

Kandungan flavonoid, fenolik, dan tanin menurut beberapa ahli bersifat angiogenesis yang bantu pembentukan pembuluh darah baru guna mempercepat penyembuhan luka.

3. Melawan Sel Tumor dan Kanker
Tumor dan kanker merupakan penyakit yang cukup banyak menyerang populasi dunia. Penelitian yang dilakukan oleh siswa SMA dari Palangkaraya melaporkan bahwa bajakah dapat berpotensi sebagai obat kanker. Tapi diperlukan studi mendalam dan serangkaian uji klinis lain terkait khasiat kayu bajakah yang satu ini.

4. Sebagai Antioksidan
Karena sejumlah senyawa yang dikandungnya, akar atau batang bajakah berfungsi sebagai antioksidan alami. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam kayu bajakah, yakni fenolik, tanin, steroid, alkaloid, flavonoid, terpenoid, hingga saponin.

5. Merawat Kesehatan Kulit
Antioksidan tinggi yang terkandung dalam akar bajakah bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit, di mana dapat bantu menghaluskan kulit dan mencegah penuaan dini.

Sejumlah senyawa fitokimia yang dikandung bajakah bisa memicu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen inilah yang mampu merawat dan menjaga kesehatan kulit.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan, Sembuhkan Luka Hingga Merawat Kulit"