Hagia Sophia

20 October 2023

Kualifikasi Euro 2024: Belgia vs Swedia Tidak Berlanjut, Selesai 1-1

Laga Belgia vs Swedia di Kualifikasi Euro 2024 dihentikan setelah adanya insiden penembakan (Foto: AP/Geert Vanden Wijngaert)

UEFA mengumumkan laga Belgia vs Swedia yang dihentikan karena insiden penembakan tidak akan dilanjutkan. Skor 1-1 saat jeda dinyatakan sebagai hasil akhir.

Belgia menjamu Swedia di King Baudouin Stadium, Brussels, dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2024, Selasa (17/10) dini hari WIB. Pertandingan sudah berjalan sampai babak pertama selesai saat penangguhan dilakukan.

Dua orang fans Swedia meninggal dunia dalam penembakan yang terjadi tidak jauh dari stadion. Usai mengetahui kabar tersebut, para pemain Swedia meminta agar pertandingan ditangguhkan dan kemudian disetujui.

Komite Eksekutif UEFA melakukan pertemuan usai penangguhan tersebut. Atas permintaan federasi sepakbola kedua negara, UEFA akhirnya memutuskan pertandingan Belgia vs Swedia tidak diteruskan.

"Untuk mengambil keputusan tersebut, Komite Eksekutif memperhatikan bahwa mustahil untuk memainkan sisa pertandingan pada keesokan harinya," demikian bunyi pernyataan UEFA seperti dilansir Sky Sports.

"Baik Royal Belgian Football Association dan Swedish Football Association, mengingat situasinya, dengan jelas mengutarakan keinginannya untuk tidak melanjutkan pertandingan dan menganggap hasil saat jeda (1-1) sebagai hasil akhir."

UEFA juga mempertimbangkan bahwa hasil ini tidak berpengaruh terhadap kelolosan kedua tim. Belgia sudah dipastikan lolos ke Euro 2024, sedangkan Swedia secara matematis sudah tersingkir.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Belgia Vs Swedia Tak Dilanjutkan, Dinyatakan Selesai 1-1"