Hagia Sophia

20 October 2023

Kasus Cacar Monyet Masuk DKI, Ditemukan Lesi di 10 Bagian Tubuh

Ilustrasi cacar monyet (Foto: Getty Images/JUN LI)

Ada kasus baru cacar monyet atau Mpox yang ditemukan di DKI Jakarta pada 14 Oktober 2023. Pasien berusia 30 tahun itu dipastikan merupakan transmisi atau penularan lokal dan tak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri maupun ke luar kota.

Kepala Seksi dan Surveilans Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Ngabila Salama melaporkan pasien dideteksi dini cepat dengan PCR dan besoknya langsung dilakukan isolasi di salah satu RS di Jakarta sampai sembuh.

"Butuh waktu dua sampai empat minggu, rata-rata tiga minggu untuk sembuh. Definisi sembuh jika semua luka sudah kering sempurna dan muncul kulit baru," beber dr Ngabila saat dihubungi detikcom Kamis (19/10/2023).

Adapun gejala cacar monyet yang dikeluhkan pasien berupa demam dan lesi yang muncul di beberapa bagian tubuh tubuh. Selain itu, pasien juga mengalami pembesaran kelenjar getah bening yang berada di lipat pahanya.

"Lenting isi air dan koreng di beberapa bagian tubuh dimulai dari kemaluan dan menyebar ke seluruh tubuh," kata dr Ngabila.

"Pasien mendapat terapi terbaik dari konsultan ahli monkeypox dari spesialis penyakit dalam dan spesialis kulit kelamin FKUI-RSCM," imbuhnya lagi.

Senada, Dr dr Windy Keumala Budianti, SpKK, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan pasien teridentifikasi memiliki banyak lesi bahkan sampai di 10 titik bagian tubuh. Awalnya pasien sempat mengira lesi tersebut merupakan jerawat biasa.

"Nah ini adalah kasus yang ditemukan di Indonesia, usianya 30 tahun, awalnya datang dengan keluhan jerawat di wajah ya baru 2 hari. Tapi kemudian pasien belum pernah ada keluhan jerawat sebelumnya," terangnya dalam webinar daring, Senin (16/10).

Pasien membiarkan lesi tersebut, tidak berusaha memencetnya. Namun, lesi terus menjalar ke bagian tubuh lain yakni di bagian tangan, tungkai, juga perianal.

Badannya sempat demam selama dua hari, tetapi nihil keluhan nyeri kepala dan nyeri otot. Pasien hanya merasakan nyeri pegal secara umum tiga hari sebelum muncul lesi.

"Total jumlah lesi 10," katanya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Daftar Gejala Pasien Baru Mpox di DKI, Lesinya Sampai Muncul di 10 Bagian Tubuh"