Hagia Sophia

18 January 2024

Tips Bersihkan Lendir di Paru-paru Secara Alami

Ilustrasi paru-paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Paru-paru memiliki lendir yang berfungsi menjaga rongga hidung dan saluran dalam tubuh tetap lembab, sehingga tidak mengering. Selain itu, lendir juga dapat menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam paru-paru.

Akan tetapi, produksi lendir yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah serius, seperti penyakit bronkitis, paru-paru basah, pneumonia, hingga Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara alami untuk membersihkan lendir di paru-paru yang terlalu banyak. Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Membersihkan Lendir di Paru-paru Secara Alami

Selain menggunakan obat-obatan medis, detikers dapat membersihkan lendir di paru-paru dengan bahan-bahan alami. Dilansir situs Medical News Today, berikut cara-caranya:

1. Batuk Terkontrol
Cara yang pertama adalah dengan melatih batuk secara terkontrol. Langkah ini melibatkan otot dada dan perut untuk membersihkan lendir di paru-paru.

Tak seperti batuk biasa yang menggunakan otot dada dari diafragma, batuk terkontrol fokus menstabilkan otot inti untuk melibatkan diafragma secara efektif.

Ada dua metode umum untuk mengontrol batuk, yaitu deep dan huff coughing. Berikut cara mengeluarkan lendir dengan metode deep coughing:
  • Duduklah dengan nyaman di kursi dengan kaki di lantai.
  • Taruh kedua lengan di sekitar perut dan tarik napas dalam-dalam.
  • Jaga bibir tetap mengerucut, lalu batuk dengan kuat sambil menekan ke otot perut.
Berikut cara mengeluarkan lendir dengan metode huff coughing:
  • Tarik napas secara lambat untuk mengembangkan paru-paru.
  • Kencangkan otot perut, kemudian buang napas tiga kali dengan sangat cepat dengan mengeluarkan suara "ha" setiap kali bernapas.
  • Ulangi langkah ini sampai napas kembali lega.
2. Kencur
Kencur juga bermanfaat untuk menghilangkan lendir di paru-paru. Sebab, kencur mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamic acid ethyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, dan camphene yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta meredakan peradangan karena memiliki sifat antiinflamasi.

Berikut cara membersihkan lendir menggunakan kencur:
  • Ambil beberapa ruas kencur yang sudah dicuci bersih, lalu diparut menjadi bagian kecil.
  • Peras hingga keluar sari-sarinya.
  • Tambahkan setengah gelas air, lalu aduk hingga merata.
Disarankan minum air kencur sebanyak satu kali sehari hingga lendir berlebih hilang.

3. Jahe
Selain kencur, jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan serta mengentaskan mikroorganisme jahat di saluran pernapasan. Berikut cara membersihkan lendir di paru-paru dengan mengkonsumsi jahe:
  • Ambil 2-3 ruas jahe, lalu potong-potong kecil.
  • Tuangkan segelas air ke dalam panci dan rebus jahe sampai mendidih.
  • Setelah itu, tuangkan jahe ke dalam gelas dan minum selagi hangat.
4. Air Putih
Cara lain yang direkomendasikan oleh dokter adalah dengan memperbanyak minum air putih. Soalnya, tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga membantu menyembuhkan peradangan serta memulihkan produksi lendir di paru-paru.

5. Minyak Esensial
Menghirup minyak esensial juga dapat mengurangi produksi lendir di paru-paru. Minyak esensial yang digunakan bisa berupa minyak kayu putih, peppermint, atau serai.

Minyak esensial bekerja sebagai dekongestan untuk membersihkan lendir hidung yang terjebak di saluran pernapasan. Selain itu, kamu juga dapat mengoleskan minyak ke dada.

6. Uap Hangat
Cara lain untuk membersihkan lendir di paru-paru adalah dengan menghirup uap hangat. Caranya, mandi air hangat atau menggunakan steamer untuk menghasilkan uap hangat. Selain itu, masyarakat juga bisa mengkonsumsi kaldu hangat atau air hangat secara rutin.

7. Madu
Madu sudah dikenal sejak lama dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya meredakan batuk. Madu juga dikenal sebagai ekspektoran alami dan antibakteri yang berguna untuk menyembuhkan flu dan mengencerkan dahak membandel.

Untuk hasil yang terbaik dalam menghilangkan lendir di paru-paru, sebaiknya gunakan madu alami tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

Penyebab Produksi Lendir di Paru-paru Meningkat

Penyebab produksi lendir atau mukus berada di atas batas normal dikarenakan pola hidup tidak sehat. Pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan terpapar polusi udara.

Akibatnya, jumlah lendir di paru-paru yang meningkat dapat memunculkan gejala seperti sesak napas dan batuk yang tak kunjung sembuh. Maka dari itu, pengidapnya perlu menjalani pengobatan dan terapi untuk membersihkan lendir berlebih dan menormalkan fungsi paru-paru.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Membersihkan Lendir di Paru-paru Secara Alami"