Hagia Sophia

03 April 2023

Beberapa Kondisi yang Membuat Seseorang Meninggal Saat Tidur

Sederet penyebab seseorang meninggal saat tidur. (Foto ilustrasi: Thinkstock)

Suami penyanyi R&B Sania, Bintang, meninggal dunia saat tidur setelah dua tahun pernikahan mereka. Sania mengatakan baru mengetahui suaminya meninggal saat hendak dibangunkan salat Subuh.

"Beliau lagi tidur, pas mau salat Subuh dibangunin sama mamanya karena lagi nggak di rumah kita. Pas dibangunin ya sudah tiada," ucapnya sembari menangis, dalam acara Pagi pagi Ambyar Trans TV, dikutip Senin (3/4/2023).

Sebelumnya, ayah dari Tissa Biani juga dikabarkan meninggal dunia saat tertidur pada 2 April 2023 pukul 05.30 WIB. Ayahnya meninggal di usia 55 tahun.

Dalam penjelasannya, Tissa mengatakan ayahnya diketahui mengidap sakit jantung. Kondisi itu dialami selama dua minggu belakangan.

"Serangan jantung. Memang dua minggu terakhir lagi sakit, jantungnya lagi bermasalah," ujar Tissa Biani di kediamannya, kawasan Depok, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

"Jadi meninggalnya sepertinya saat sedang tidur," lanjut Tissa Biani.

Kematian saat sedang tidur dapat disebabkan beberapa kondisi. Dikutip dari Healthgrades, salah satunya karena sleep apnea. Namun, ada beberapa kondisi serius yang juga bisa menyebabkan kematian saat tidur yakni penyakit jantung, seperti yang dialami ayah dari Tissa Biani.

Berikut 6 kondisi yang bisa menyebabkan kematian saat seseorang tertidur:

1. Masalah Jantung
Jika seseorang meninggal mendadak di waktu siang atau malam hari, biasanya disebabkan adanya masalah jantung, baik pada usia muda maupun tua. Umumnya, kematian mendadak ini disebabkan oleh irama jantung yang tidak normal atau aritmia. Kondisi ini terjadi saat impuls listrik yang berfungsi mengatur detak jantung tidak bekerja dengan baik.

Selain itu, serangan jantung juga bisa menyebabkan kematian saat tidur. Pada saat itu, otot jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup yang menyebabkan bagian itu rusak atau mati. Akibatnya, jantung tidak bisa memompa darah dan oksigen secara efektif.

Kondisi henti jantung atau jantung tiba-tiba berhenti berdetak bisa menyebabkan kematian dalam beberapa menit. Menurut American Academy of Pediatrics, kematian jantung mendadak (baik saat tidur atau siang hari) adalah penyebab utama kematian atlet muda.

2. Stroke
Stroke dapat mengganggu pasokan oksigen ke otak. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gumpalan darah atau pendarahan otak. Aneurisma otak (pembuluh darah pecah) atau stroke masif dapat menyebabkan kematian saat tidur.

3. Epilepsi
Epilepsi atau gangguan kejang kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian saat tidur. Menurut Yayasan Epilepsi, setiap tahun, lebih dari 1 dari 1.000 orang pengidap epilepsi meninggal akibat kematian mendadak yang tidak terduga atau disebut SUDEP.

Mereka dengan epilepsi yang tidak terkontrol memiliki risiko kematian yang lebih besar akibat SUDEP.

4. Keracunan Karbon Monoksida
Pada beberapa kasus yang terjadi di malam hari, kematian juga bisa disebabkan dari tragedi yang tidak disengaja seperti keracunan karbon monoksida. Senyawa ini adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau yang dapat dilepaskan oleh tungku yang tidak berfungsi atau peralatan rumah tangga biasa lainnya (termasuk pemanas air dan pengering).

5. Diabetes
Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Diabetic Medicine, diabetes tipe 1 meningkatkan risiko kematian mendadak yang tak dapat dijelaskan, seringkali pada malam hari, pada orang muda yang sehat. Istilah 'mati di tempat tidur' telah digunakan untuk menggambarkan kondisi ini.

6. Gangguan Tidur
Sleep apnea merupakan kondisi yang ditandai dengan jeda napas saat tidur, dan dapat menyebabkan kematian pada beberapa orang. Namun, sulit untuk mengatakan bahwa sleep apnea secara langsung menyebabkan kematian.

Selain itu, masih belum diketahui pasti apakah kondisi ini juga bisa dipengaruhi masalah kesehatan lain, seperti jantung yang umum terjadi pada penderita sleep apnea.

Selain itu, gangguan tidur lainnya juga dapat menyebabkan kematian saat tidur. Misalnya seperti sleepwalking, yang dapat menyebabkan situasi berbahaya dan berpotensi mematikan.
































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Kondisi Ini Bisa Picu Meninggal Saat Tidur, Sakit Jantung sampai Sleep Apnea"