Hagia Sophia

03 April 2023

Tips Agar Gula Darah Tidak Naik Saat Buka Puasa

Kunci menjalani puasa dengan lancar tanpa diganggu gejala diabetes adalah menjaga kadar gula terkendali.( Foto: Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan)

Sebenarnya, puasa memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Namun, beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti pengidap diabetes tidak dianjurkan untuk melaksanakan puasa apabila diabetesnya tidak terkontrol.

Diabetes tidak terkontrol merupakan kondisi seseorang saat kadar gula darah di dalam tubuhnya tinggi. Apabila kondisi ini terjadi, pengidap diharuskan mengkonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter untuk mengurangi kadar gula darah pada tubuhnya. Pengidap diabetes tidak terkontrol, tidak disarankan untuk mengikuti puasa karena ditakutkan kadar gula pada tubuh menjadi meningkat atau menurun dengan drastis.

"Semua diabetes itu bisa dikerjakan, kecuali diabetes tidak terkontrol. Jadi, dia minum obatnya masih ngaco, gulanya masih tinggi, ya itu kita harus atur dulu dosis obatnya," kata dr Aru Ariadno, SpPD KGEH dari RS Brawijaya Depok yang ditemui detikcom pada Selasa (21/3/2023).

Menurut dr Aru, pengidap diabetes dengan gula darah yang terkontrol diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Namun, tetap harus memperhatikan pola makan selama berpuasa.

Pengidap diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang menghasilkan energi dan mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya. Selain itu, mengonsumsi kurma dalam batas wajar dan disesuaikan dengan kebutuhan karbohidrat harian pengidap diabetes tetap diperbolehkan.

"Biasanya kita atur gizinya, jadi gini kurma paling banyak tiga. Tiga aja kadang-kadang kurma itu juga sudah naikin gula ya. Saran saya, kurma itu cukup satu," tambahnya.

Mengatur asupan nutrisi adalah langkah penting bagi pengidap diabetes. Pasalnya, setiap makanan bisa mempengaruhi kadar gula darah apalagi jika mengkonsumsi makanan manis.

"Kalo kita makan seperti biasa dengan kurma satu atau tiga setelah itu obat, sholat magrib, setelah sholat magrib makan biasa dengan komposisi karbohidrat, protein, dan serat cukup. Keseimbangannya cukup baik tidak perlu berlebih," tutupnya.
































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cegah Gula Darah Naik, Catat Tips Aman Buka Puasa untuk Pasien Diabetes"