Hagia Sophia

03 April 2023

Dave Hendrik Alami Masalah dengan Jantungnya dan Jalani Operasi Selama 6 Jam

Dave Hendrik dikabarkan memiliki masalah jantung hingga harus operasi selama 6 jam di salah satu rumah sakit. ( Foto: instagram)

Dave Hendrik dikabarkan memiliki masalah jantung hingga harus operasi selama enam jam lamanya di salah satu rumah sakit di Jakarta. Adapun kabar tersebut disampaikan oleh sahabatnya, Caren Delano, melalui akun Instagram miliknya.

"Sahabat kami @davehendrik berjuang selama 6 jam untuk melakukan Coronary Artery Bypass Graft atau kata lainnya Bypass Jantung," ujar Caren Delano di unggahan Instagram miliknya dilihat detikcom, Minggu (2/4/2023).

Dikutip dari National Health Service (NHS UK), penyakit jantung dan berbagai kondisi masalah jantung lainnya dapat mempengaruhi kemampuan jantung untuk bekerja secara efisien. Ada banyak kondisi dan masalah jantung yang secara kolektif disebut penyakit jantung. Antara lain:

1. Penyakit Jantung Koroner
Masalah jantung yang paling umum di Skotlandia adalah penyakit jantung koroner. Ini disebabkan ketika pembuluh darah jantung atau arteri koroner menyempit atau tersumbat dan tidak dapat memasok cukup darah ke jantung.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan angina atau serangan jantung.

2. Angina
Angina adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada, lengan, leher, perut, atau rahang yang terjadi ketika suplai darah ke jantung menjadi terbatas karena arteri menyempit. Penyumbatan ini disebut ateroma. Angina adalah gejala dari penyakit jantung koroner, bukan penyakit itu sendiri.

3. Angina yang Tidak Stabil
Angina yang tidak stabil dapat berupa nyeri dada yang tidak terdiagnosis atau gejala angina yang tiba-tiba memburuk. Itu terjadi ketika suplai darah ke jantung sangat terbatas dan serangan angina terjadi lebih sering dengan aktivitas yang semakin berkurang.

Serangan ini bahkan dapat terjadi saat istirahat atau sedang tidur. Mereka bisa bertahan hingga 10 menit.

4. Serangan Jantung
Serangan jantung atau dikenal juga sebagai infark miokard atau MI terjadi ketika suplai darah ke bagian otot jantung tersumbat total. Ini paling sering disebabkan oleh sepotong bahan lemak yang putus dan gumpalan darah terbentuk di dalam arteri koroner.

Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otot jantung yang disuplai oleh arteri koroner tertentu.

5. Gagal Jantung
Jika aksi pemompaan jantung tidak dapat bekerja secara efektif, otot jantung umumnya tidak dapat memenuhi kebutuhan darah dan oksigen pada tubuh. Akibatnya, tubuh dapat mengembangkan berbagai gejala yang berbeda, seperti kelelahan dan sesak napas.

6. Aritmia (Irama Jantung Abnormal)
Otot jantung memiliki sistem kelistrikan sendiri yang membantu merangsang detak jantung. Jika sinyal listrik di dalam jantung terganggu, jantung dapat berdetak terlalu cepat (takikardia), terlalu lambat (bradikardia), atau tidak teratur.

7. Penyakit Katup
Katup membuka dan menutup berfungsi untuk mengatur aliran darah melalui jantung. Masalah dengan katup dapat meningkatkan beban kerja jantung dan membebani otot jantung

8. Kondisi Jantung Bawaan
Kondisi jantung bawaan terjadi ketika ada kelainan atau cacat pada struktur jantung janin yang sedang berkembang saat berada di dalam rahim ibu. Beberapa jenis cacat jantung bawaan mengancam jiwa, baik secara langsung pada bayi baru lahir atau seiring waktu.

9. Kondisi jantung yang Diturunkan
Masalah jantung dapat diturunkan melalui keluarga atau genetik. Kondisi ini dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia dan dapat mengancam jiwa. Tanda pertama adanya masalah seringkali ketika seseorang meninggal secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Kondisi ini berbeda dengan kebanyakan kondisi jantung bawaan, meski beberapa kondisi bawaan juga bisa diturunkan.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Dave Hendrik hingga Jalani Operasi, Kenali Penyebab Masalah Jantung"