Hagia Sophia

28 June 2023

Tips Atasi Kolesterol Agar Tidak Naik Saat Idul Adha Secara Alami

Cara aman makan hidangan Idul Adha. (Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars)

Perayaan Idul Adha sangat identik dengan kuliner berbahan dasar daging baik kambing maupun sapi. Namun jika mengonsumsi secara sembarangan, makanan ini dapat bisa berdampak untuk kesehatan karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, kolesterol dibagi menjadi kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat dapat menumpuk di pembuluh darah dan mengakibatkan berbagai risiko penyakit. Misalnya seperti serangan jantung hingga stroke.

Lantas bagaimana langkah aman yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol usai menyantap daging kurban?

Hal pertama yang harus diperhatikan menjaga jumlah asupan daging ketika perayaan kurban. Selain itu, kombinasikan juga hidangan Idul Adha dengan sayuran hijau karena mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol. Hal ini mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

Konsumsi makanan-makanan sehat yang dapat menjadi penurun kolesterol juga sangat disarankan. Selain sayuran hijau, makanan seperti kacang-kacangan, pisang, oat, teh hitam, terong, dan wortel juga bisa menurunkan kolesterol.

Sebagai contoh terong dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Dalam satu cangkir jus terong (94 gram) mengandung serat sebanyak 2,4 gram.

Kandungan fitosterol pada kacang-kacangan dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah. Sedangkan kandungan selulosa, hemiselulosa, dan lignin pada wortel dapat memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna dan menurunkan kadarnya dari dalam darah.

Selain makanan yang dikonsumsi, gaya hidup yang sehat juga sangat berperan penting dalam penurunan kolesterol setelah menyantap daging kurban.

Misalnya dengan menyeimbangkannya dengan aktivitas fisik atau berolahraga sederhana. Lakukan olahraga setidaknya 30-60 menit setiap harinya. Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Memasak dengan minyak canola juga disebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 17% jika dibandingkan dengan minyak biasanya. Anda bisa mendapatkan minyak canola DI SINI.

Selain itu hindari merokok karena juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik di dalam darah dan juga merusak dinding pembuluh darah.

Apabila mengalami gejala kenaikan kolesterol seperti mudah mengantuk dan nyeri pada bagian dada, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa segera mendapatkan penanganan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Khawatir Kolesterol 'Nanjak' saat Idul Adha? Begini Cara Alami Mengatasinya"