Hagia Sophia

28 June 2023

Untuk Pertama Kalinya dalam 60 Tahun Suhu di Beijing Capai Diatas 40 Derajat Celcius

Beijing dihantam cuaca panas ekstrem mencapai 41,1 derajat celcius. Foto: REUTERS/Tingshu Wang

Ibu kota China, Beijing, mencatat rekor suhu terpanas di bulan Juni dalam 60 tahun terakhir menembus 41 derajat celcius. Dengan kondisi tersebut, pihak berwenang mendesak warga untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Observatorium Nanjiao di Beijing selatan untuk pertama kalinya mencatat suhu mencapai di atas 40 derajat celcius pada Sabtu (24/6/2023) yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Hal itu dilaporkan oleh Administrasi Meteorologi China.

Di dekat provinsi Hebei dan kota pelabuhan Tianjin, suhu juga melonjak di atas 40 derajat celcius selama beberapa hari terakhir. Melihat kondisi tersebut, pihak berwenang mengeluarkan peringatan 'merah' untuk cuaca ekstrem. Dalam sistem peringatan cuaca di China, terdapat empat tingkatan dengan warna merah sebagai pertanda kondisi paling parah.

Dikutip dari CBS News, pada Kamis (22/6), Beijing juga mencatat rekor hari terpanas kedua, dengan suhu mencapai 41,1 derajat celcius. Rekor suhu terpanas nomor satu di Beijing sempat terjadi pada 24 Juli 1999 dengan suhu mencapai 41,9 derajat celcius.

Menurut ahli meteorologi China, gelombang panas saat ini disebabkan oleh massa udara hangat yang berkaitan dengan tekanan tinggi di atmosfer. Kondisi itu kemudian diperparah tutupan awan tipis dan siang hari yang panjang di sekitar titik balik matahari musim panas.

Tak hanya China, sejumlah negara lain di Asia juga mengalami gelombang panas mematikan beberapa pekan terakhir. Para ilmuwan menyoroti, kondisi ini diperburuk kenaikan suhu global, yang sebagiannya juga dipicu pembakaran bahan bakar fosil.

Di China, waktu terjadinya gelombang panas bertepatan dengan hari libur umum selama tiga hari. Dalam momen tersebut, terdapat Festival Perahu Naga yang dikhususkan untuk makan pangsit nasi sembari ada balap perahu yang digerakkan oleh tim pendayung.

Namun melihat suhu yang tinggi ini, otoritas cuaca Beijing mendesak penduduk untuk menghindari berolahraga di luar ruangan dalam waktu lama. Warga juga diminta melakukan upaya perlindungan dari paparan sinar matahari.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Warga China saat Diterpa Suhu Ekstrem 41 Derajat Celcius"