Hagia Sophia

28 June 2023

Wakil Ketua MPR RI Minta Imunisasi Dasar untuk Anak Diperluas

Foto: Grandyos Zafna

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyampaikan cakupan imunisasi bagi anak-anak Indonesia perlu segera diperluas. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kekebalan komunitas sebagai bagian dari upaya negara dalam melindungi setiap anak bangsa.

"Pascapandemi upaya meningkatkan imunitas masyarakat terutama anak dan balita melalui perluasan cakupan imunisasi dasar lengkap harus segera dituntaskan sesuai yang ditargetkan," ujar Lestari atau yang akrab disapa Ririe dalam keterangannya, Selasa (27/6/2023).

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, imunisasi rutin lengkap nasional perlahan kembali meningkat pascapandemi COVID-19. Pada tahun 2022 sekitar 94,9% anak-anak Indonesia telah diimunisasi. Sedangkan 5% atau 240.000 anak-anak Indonesia yang belum mendapatkan perlindungan tambahan dari imunisasi dasar lengkap, masih berisiko tinggi terkena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Menurut Ririe, jumlah anak yang berpotensi terkena penyakit akibat belum mendapat imunisasi lengkap tergolong cukup besar. Apalagi, tambah dia, tanpa imunisasi lengkap risikonya bisa berupa kematian di usia anak-anak. Oleh karena itu, Rerie mengungkapkan upaya untuk menuntaskan target imunisasi dasar lengkap hingga 100% harus segera diwujudkan sebagaimana adanya potensi sejumlah penyakit dapat merebak.

Bahkan, ujar Rerie, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah merekomendasikan pemberian vaksin dengue sejak usia enam tahun dan vaksin HPV 9-valent pada anak perempuan sejak usia sembilan tahun guna mencegah ancaman demam berdarah dan kanker leher rahim (kanker serviks) sejak dini.

Berbagai upaya untuk memenuhi target imunisasi itu bertujuan agar kekebalan komunitas segera terwujud kembali dan berbagai kejadian luar biasa (KLB) bisa dikendalikan, seperti KLB polio, difteri, dan campak yang berpotensi merebak di berbagai wilayah Indonesia.

Ririe menegaskan apabila capaian target imunisasi dasar mencapai 100%, diharapkan jaminan daya tahan setiap anak bangsa dari ancaman sejumlah penyakit akan semakin meningkat, sehingga mampu mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing di masa depan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cegah Penyebaran Penyakit, Waket MPR Minta Imunisasi Dasar Diperluas"