Hagia Sophia

28 June 2023

Fenomena Heat Dome Landa Texas, Suhu Tertinggi Hingga 43 Derajat Celcius

Ilustrasi cuaca panas ekstrem. Foto: Dok. Detikcom

Sejumlah wilayah Texas, Amerika Serikat, kini dilanda fenomena 'kubah panas' (heat dome). Suhu tertinggi mencapai 43 derajat celcius pada Senin (26/6/2023) dan diperkirakan terjadi di beberapa bagian Texas barat.

"Ke depan, panas itu akan meluas ke utara ke Kansas City dan seluruh negara bagian Oklahoma, ke Lembah Mississippi, ke ujung barat Florida Panhandle dan sebagian Alabama barat," ungkap Bob Oravec dari Layanan Cuaca Nasional dikutip dari Atlanta News First, Selasa (27/6/2023).

Apa Itu Fenomena Kubah Panas?

Menurut ahli iklim negara bagian Texas John Nielsen-Gammon, fenomena kubah panas terjadi ketika tekanan tinggi stasioner dengan udara hangat bergabung dengan udara yang lebih hangat dari biasanya di Teluk Meksiko. Pada kondisi ini, panas matahari berada hampir tepat di atas kepala

"Pada saat kita memasuki pertengahan musim panas, sulit untuk mendapatkan udara panas lebih tinggi," jelas Nielsen-Gammon, yang juga merupakan seorang profesor di Sekolah Tinggi Ilmu Atmosfer Texas A&M. Menurutnya jika fenomena itu betul bakal tiba, terjadinya akan pada tahun ini.

Menurutnya pada Juli dan Agustus besok, sinar matahari tidak akan sepanas beberapa waktu terakhir ini. Pasalnya, matahari mundur dari titik balik matahari musim panas

"Satu hal yang sedikit tidak biasa tentang gelombang panas ini adalah kami mengalami bulan April dan Mei yang cukup basah, dan biasanya kelembapan ekstra berfungsi sebagai penyejuk udara," beber Nielsen-Gammon.

"Tapi udara di atas sangat panas sehingga tidak mampu mencegah terjadinya gelombang panas dan, faktanya, menambah sedikit kelembaban," pungkasnya.

Apa Efeknya ke Tubuh?

Suhu panas ekstrem dapat memicu efek berbahaya, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua, dan orang-orang yang bekerja di luar ruangan. Walhasil, kelompok rentan ini membutuhkan perlindungan ekstra.

Gejala penyakit yang timbul akibat suhu panas ekstrem bisa berupa keringat berlebihan, mual, pusing, dan pingsan. Kondisi ini bisa dicegah dengan beberapa langkah seperti meminum cairan dingin, mengoleskan kain yang dibasahi air dingin ke kulit, atau berlindung dalam lingkungan ber-AC.

Dokter dan profesor Ilmu Kesehatan Lingkungan di Pusat Medis Universitas Columbia, Cecilia Sorensen, mengatakan penyakit yang timbul akibat suhu panas ekstrem menjadi masalah kesehatan masyarakat yang berkembang imbas iklim yang menghangat.

Mengacu pada data dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, di Texas, suhu tinggi harian rata-rata telah meningkat sebesar 2,4 derajat hingga 0,8 derajat celcius per dekade, terhitung sejak 1993. Mereka meyakini, perubahan iklim yang terjadi saat ini juga disebabkan oleh manusia, hingga kemudian mengakibatkan kenaikan suhu.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Texas Dilanda Fenomena Heat Dome gegara Panas Ekstrem, Kesehatan Warga Terancam"