Hagia Sophia

17 September 2023

Diabetes Bisa Menyerang Usia Muda, Kenali Penyebabnya

Ilustrasi diabetes. Foto: Dok. Shutterstock

Diabetes melitus merupakan kondisi medis kronis yang menyebabkan masalah kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi bahan bakar bagi tubuh. Penyakit ini awalnya identik dengan usia tua yang tidak lagi produktif.

Namun belakangan, usia pasien diabetes melitus semakin muda hingga mengakibatkannya tak produktif lagi. Apa saja ciri-ciri diabetes di usia muda? Apa saja penyebabnya?

Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda

Hingga saat ini, diabetes tipe 1 merupakan jenis yang paling umum dialami oleh usia muda (anak). Mengutip Healthy Children, diabetes ini terjadi saat pankreas tidak memproduksi cukup hormon insulin.

Sementara diabetes tipe 2 pernah disebut sebagai adult onset, karena anak-anak hampir tidak pernah mengalaminya. Namun bisa terjadi saat insulin tidak bekerja dengan benar. Berikut beberapa gejala diabetes tipe 1:

1. Nafsu Makan Meningkat
Mengutip JDRF, apabila tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan. Penderita diabetes mungkin akan merasa lebih lapar dari biasanya.

2. Meningkatnya Rasa Haus dan Sering Buang Air Kecil
Salah satu peringatan dini yang harus diperhatikan adalah meningkatnya rasa haus dan sering ingin ke kamar mandi. Hal ini karena kadar gula darah yang tinggi menyebabkan tubuh menarik cairan dari jaringan, sehingga menyebabkan dehidrasi.

3. Penurunan Berat Badan
Selanjutnya adalah penurunan berat badan. Jika berat badan turun, terutama saat makan banyak, hal ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak mendapat cukup kalori dari makanannya.

4. Kelelahan
Mengutip laman Diabetes.org, gejala lainnya yaitu merasa lebih lelah dari biasanya, dan memiliki energi lebih sedikit dari biasanya. Jika anak terus merasa lelah, hal ini menjadi tanda bahwa tubuhnya mengalami kesulitan mengubah gula dalam aliran darah menjadi energi.

5. Perubahan Penglihatan
Diabetes tipe 1 juga bisa menyebabkan perubahan penglihatan. Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan penglihatan kabur atau masalah penglihatan lainnya.

6. Nafas Berbau Buah-buahan
Pada gejala diabetes pada anak bisa ditandai dengan nafas yang berbau buah-buahan. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh kelebihan gula dalam darah

Adapun gejala diabetes tipe 2 gejalanya mirip dengan tipe 1 dan mungkin muncul secara bertahap. Kemungkinan juga terjadi area kulit yang gelap, terutama di sekitar leher atau ketiak.

Penyebab Diabetes di Usia Muda

Setelah mengetahui gejalanya, ketahui juga penjelasan soal penyebab dan faktor risiko dari diabetes tipe 1 dan 2. Berikut informasinya:

Diabetes Tipe 1

Mengutip Mayo Clinic, penyebab diabetes tipe 1 tidak diketahui. Namun biasanya pada penderita diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh yang biasanya melawan bakteri dan virus berbahaya menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Adapun faktor risiko diabetes tipe 1 yang paling sering terjadi adalah:

1. Riwayat Keluarga
Siapapun dengan orang tua atau saudara kandung yang mengidap diabetes tipe 1 memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

2. Genetik
Selanjutnya adalah genetik. Gen tertentu menunjukkan peningkatan risiko diabetes tipe 1

3. Virus Tertentu
Virus menjadi faktor risiko diabetes tipe 1. Paparan virus tertentu bisa memicu kerusakan autoimun pada sel islet.

Diabetes Tipe 2

Penyebab pasti diabetes tipe 2 pun tidak diketahui. Meski begitu, sama seperti diabetes tipe 1, riwayat keluarga dan genetika memainkan peran penting.

Pada diabetes tipe 2, penderita tidak bisa mengolah gula (glukosa) dengan baik. Alih-alih membeli bahan bakar pada sel, gula malah menumpuk di aliran darah. Hal ini terjadi karena:
  • Pankreas mungkin tidak menghasilkan cukup insulin
  • Sel-sel menjadi resisten terhadap insulin dan tidak membiarkan gula masuk.
Adapun beberapa faktor risikonya selain riwayat keluarga dan genetika adalah:

1. Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan menjadi risiko kuat diabetes tipe 2 pada anak-anak. Semakin banyak jaringan lemak yang dimiliki, terutama di dalam dan di antara otot dan kulit sekitar perut semakin besar resistensi sel-sel tubuh mereka terhadap insulin

2. Tidak aktif
Keaktifan anak juga dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2. Semakin sedikit aktivitas anak, semakin besar risikonya terkena diabetes tipe 2.

3. Makanan
Selanjutnya adalah faktor makanan. Makan daging merah dan daging olahan yang manis berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda beserta Penyebabnya"