Hagia Sophia

17 September 2023

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Gampang? Trik Sederhana Ini Bisa Dicoba

Ilustrasi. (Foto: thinkstock)

Bagi sebagian orang mungkin, rutin berolahraga mungkin tak semudah itu untuk diterapkan. Misalnya karena keterbatasan waktu, atau sesimpel karena tak tahu harus mulai dari mana untuk berolahraga.

Namun tak perlu khawatir. Nyatanya, ada lho beberapa cara yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga. Cara-cara ini diyakini efektif menurunkan berat badan sekaligus mencegah penambahan bobot tubuh di kemudian hari. Seperti apa?

1. Mengunyah makanan dengan baik
Dikutip dari Healthline, semakin baik seseorang dalam mengunyah makanan, semakin makan diproses tubuh dengan lebih lambat. Efeknya, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Selain itu seiring waktu, orang tersebut akan terbiasa untuk makan dalam porsi yang lebih sedikit.

Selain itu, kecepatan dalam menyelesaikan makanan juga dapat mempengaruhi berat badan pada tubuh. Salah satu penelitian melaporkan bahwa seseorang yang makan dengan lambat, memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan seseorang yang makan dengan cepat.

Sehingga makan secara perlahan dapat membantu merasa lebih kenyang dengan sedikit kalori serta menjadi cara yang mudah untuk menurunkan berat badan serta mencegah penambahan bobot tubuh pada seseorang.

2. Gunakan piring yang lebih kecil
Di masa sekarang, ukuran piring yang digunakan orang-orang untuk makan cenderung lebih besar dibandingkan ukuran piring makan beberapa dekade lalu. Penggunaan piring yang lebih kecil dapat mengelabui pikiran seseorang sehingga dapat membantu makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar.

3. Konsumsi banyak protein
Protein mempengaruhi beberapa hormon yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar sehingga membantu untuk makan lebih sedikit kalori.

Menurut salah satu penelitian, seseorang yang menjalani diet protein tinggi, kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak daripada seseorang yang mengikuti diet protein standar. Beberapa contoh makanan yang kaya protein yakni dada ayam, ikan, lentil, dan almond

4. Makan makanan kaya serat
Makanan yang kaya akan serat, meningkatkan rasa kenyang dan membantu untuk merasakan kenyang yang lebih lama. Salah satu studi menunjukkan bahwa satu jenis serat kental sangat membantu menurunkan berat badan, karena bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Serat kental tersebut akan membentuk gel ketika bersentuhan dengan air, sehingga hal ini dapat meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan perut. Serat kental tersebut hanya bisa ditemukan pada makanan nabati seperti, kacang-kacangan, sereal gandum, kubis, asparagus, dan jeruk.

5. Minum air putih secara teratur
Minum air putih bisa membantu mengurangi makan dan menurunkan berat badan, terlebih apabila dilakukan sebelum makan. Salah satu studi menemukan bahwa minum air putih sebelum makan dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tanpa mempengaruhi rasa kenyang secara signifikan.

Sehingga mengganti kebiasaan konsumsi minuman manis dengan air putih, dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

6. Tidur nyenyak dan hindari stres
Umumnya kebanyakan orang sering mengabaikan jam tidur dan stres, padahal keduanya memiliki efek yang kuat terhadap nafsu makan serta berat badan pada seseorang. Fluktuasi hormon yang disebabkan oleh kekurangan tidur dan stres bisa meningkatkan rasa lapar yang mengakibatkan asupan kalori yang dibutuhkan lebih tinggi.

Terlebih kurang tidur kronis dan stres bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes tipe dua dan obesitas.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ingin Turun Berat Badan Tanpa Olahraga? 6 Trik Simpel Ini Boleh Banget Dicoba"