Hagia Sophia

17 September 2023

Liga Inggris: Wolverhampton Kalah dari Liverpool 1-3

Foto: AP/Rui Vieira

Start dengan buruk, Liverpool comeback dan menang 3-1 atas Wolverhampton Wanderers. Kemenangan didapat berkat Cody Gakpo, Andy Robertson, dan gol bunuh diri Hugo Bueno.

Laga Wolverhampton vs Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris berlangsung di Molineux, Sabtu (16/9/2023) malam WIB. Liverpool langsung dibuat kewalahan sejak sepak mula oleh pressing agresif tuan rumah.

Transisi cepat Wolverhampton kemudian membuat Liverpool kebobolan pada menit ketujuh. Skor 1-0 untuk keunggulan Wolves bertahan sampai turun minum.

Liverpool berbenah di babak kedua. Masuknya Luis Diaz menghidupkan serangan mereka dan berujung gol penyama kedudukan dari Cody Gakpo.

Momentum itu berlanjut, terdorong pula dengan masuknya Darwin Nunez. Pada prosesnya, Liverpool mendapatkan dua gol tambahan dari Robertson dan sepakan Elliott yang membentur Bueno.

Dengan kemenangan ini, Liverpool sementara naik ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 13 poin dari lima pertandingan. Sedang Wolves tetap di posisi 15 dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung direpotkan pressing Wolverhampton selepas sepak mula. Tuan rumah tak membiarkan Dominik Szoboszlai dan Alexis Mac Allister nyaman memegang bola dan mengendalikan permainan.

GOL! Wolves unggul pada menit ketujuh. Lewat serangan cepat dari sisi kiri, Pedro Neto lolos dan mengirim umpan silang yang didorong saja oleh Hwang Hee-chan ke dalam gawang.

Liverpool mencoba mengembangkan permainan. Namun tekanan agresif ke dua poros mereka, Szoboszlai dan Mac Allister, bikin serangan sulit dibangun.

Nyaris! Liverpool hampir kebobolan gol kedua pada menit ke-34. Neto lagi-lagi lolos di kiri dan melepaskan umpan silang yang jatuh tepat ke Matheus Cunha. Tapi Cunha gagal memperkirakan jatuhnya bola dengan tepat, akhirnya bola terlepas dan diamankan pertahanan Liverpool.

Liverpool masih belum bisa mencatatkan ancaman ke gawang Wolverhampton. Sepakan Cody Gakpo menyambar umpan Andy Robertson pada menit ke-38 masih melenceng jauh dari sasaran.

Peluang lain dari Liverpool pada menit ke-46, saat tim tamu memicu kemelut di gawang lawan. Sepakan Mohamed Salah diblok bek Wolves dan bola liar kembali disambar Szoboszlai, yang kali ini dihalau kiper. Babak pertama berakhir.

GOL! Liverpool mendapatkan gol di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-55. Salah menerima bola di kanan dan melepaskan umpan mendatar yang disontek saja oleh Cody Gakpo.

Gol Cakpo dan masuknya Luis Diaz-Darwin Nunez menjadi momentum buat Liverpool. Beberapa kali kombinasi Diaz-Nunez di kiri menghadirkan situasi bagus, meski belum sampai mengancam gawang tuan rumah.

Peluang apik dari Liverpool pada menit ke-70. Bermula dari kanan, Salah mengirim bola ke tengah dan dilanjutkan kerja sama satu-dua dari Nunez-Diaz. Hanya saja sepakan Nunez masih bisa diblok kiper!

Upaya jarak jauh dari Szoboszlai pada menit ke-75 masih belum mengarah ke gawang. Sepakannya melebar ke kiri.

GOL! Liverpool berbalik unggul pada menit ke-86. Jose Sa mencoba memainkan umpan jauh cepat dari gawang, tapi malah berakhir fatal.

Bola jatuh di Andy Robertson, yang kemudian merangsek. Ia bertukar umpan dengan Salah dan dengan tenang menyontek bola ke dalam gawang dari jarak dekat.

GOL! Liverpool menambah keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-91. Salah menerima umpan Nunez di kanan, lalu menyodorkannya ke Harvey Elliott. Dari depan kotak penalti, sepakannya berakhir di pojok kanan bawah gawang.

Liverpool sempat mendapatkan peluang lain di menit-menit akhir. Diaz merangsek ke kotak penalti, lalu tembakannya dihalau kiper dan diamankan. Tak ada lagi gol tercipta sampai laga usai.

Susunan pemain

Wolverhampton Wanderers: Jose Sa, Nelson Semedo, Craig Dawson, Max Kilman, Rayan At-Nouri (Hugo Bueno 65'), Jeanricner Bellegarde (Doyle 77'), Joao Gomes, Mario Lemina (Traore 78'), Pedro Neto, Matheus Cunha (Fabio Silva 61'), Hwang Hee-Chan (Matt Doherty 60')

Liverpool: Alisson Becker, Jarell Quansah (Ibrahima Konate 83'), Joel Matip, Joe Gomez, Andy Robertson, Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister (Luis Diaz 46'), Curtis Jones, Mohamed Salah (Ryan Gravenberch 93'), Cody Gakpo (Darwin Nunez 56'), Diogo Jota (Harvey Elliott 56')


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Wolverhampton Vs Liverpool: Comeback, Si Merah Menang 3-1"