Hagia Sophia

17 September 2023

Beberapa Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Tensi Darah

Ilustrasi. (Foto: GettyImages)

Banyak orang menjajal cara ini-itu untuk menurunkan tekanan darah secara alami tanpa konsumsi obat-obatan. Perubahan gaya hidup dan modifikasi pola makan terbukti dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun rupanya di samping itu, ada lho sejumlah makanan yang bisa dicoba untuk membantu menurunkan tekanan darah. Makanan yang mengandung kalium dan magnesium dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah makanan terbaik untuk menurunkan tekanan darah.

1. Buah Sitrus
Buah sitrus dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah-buahan ini penuh dengan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Buah sitrus dapat mencakup:
  • Jeruk Bali
  • Jeruk
  • Lemon
Dalam sebuah studi pada 2021, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 530 hingga 600 gram buah per hari (sekitar empat buah jeruk) bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Para peneliti telah mengaitkan buah jeruk, khususnya dengan kemungkinan tekanan darah tinggi yang lebih rendah.

Minum jus jeruk dan jeruk bali dapat membantu mengurangi tekanan darah, tetapi dapat menghambat pengobatan umum untuk menurunkan tekanan darah. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya.

2. Salmon dan Ikan Berlemak Lainnya
Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang memiliki manfaat signifikan untuk jantung. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan menurunkan peradangan.

Sebuah studi pada 2022 yang mengamati hubungan antara lemak omega-3 dari makanan atau suplemen dengan tekanan darah menemukan, manfaat terbesar untuk menurunkan tekanan darah diperoleh dengan jumlah harian antara 2 hingga 3 gram lemak omega-3 (sekitar 3,5 ons porsi salmon).

Kadar lemak omega-3 yang lebih tinggi dalam makanan, termasuk ikan, juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi pada orang dewasa muda yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes.

3. Sayuran Hijau
Bayam adalah salah satu contoh sayuran hijau yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan senyawa nabati. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah. Bayam juga dipenuhi antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Sayuran hijau ini merupakan sumber nutrisi seperti kalium dan magnesium, yang mendukung tingkat tekanan darah optimal. Sebagai contoh, 1 cangkir (175 gram) lobak Swiss yang dimasak memberikan 20 persen dan 36 persen kebutuhan kalium dan magnesium harian.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi tekanan darah. Contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah, antara lain:
  • Biji labu
  • Biji rami
  • Biji chia
  • Pistachio
  • Kenari
  • Kacang almond
Kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung sumber nutrisi penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk serat dan arginin. Arginin adalah asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi oksida nitrat, senyawa penting untuk relaksasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah.

5. Buah Beri
Buah beri menawarkan manfaat kesehatan yang besar, termasuk potensi untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri merupakan sumber antioksidan yang kaya, termasuk antosianin, yang merupakan pigmen pemberi warna cerah pada buah beri.

Antosianin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul yang membatasi aliran darah. Hal ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tetapi penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

Beberapa buah beri yang dapat mengurangi tekanan darah meliputi:
  • Blueberry
  • Raspberry
  • Chokeberry
  • Stroberi
  • Anggur
  • Cranberry





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Bikin Tersiksa! 5 Makanan Enak Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah"