Hagia Sophia

08 December 2023

Minuman yang Cocok Dikonsumsi Usai Makan Gorengan

Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Hidangan goreng-gorengan memang menggiurkan. Selain kriuk, gurihnya pun kerap kali bikin nagih. Namun tak jarang, mengonsumsi makanan berminyak bisa menimbulkan ketidaknyamanan setelahnya.

Pasalnya, lemak trans dan lemak jenuh yang ada di dalam makanan berminyak tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol dan gula dalam tubuh yang tak terkendali. Beberapa orang juga merasa mual setelah mengonsumsi makanan berminyak dalam jumlah banyak.

Namun jangan khawatir, terdapat beberapa jenis minuman yang dapat mengatasi masalah ini. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah 4 minuman sehat yang dapat meredakan ketidaknyamanan setelah menyantap makanan berminyak:

1. Air panas
Banyak orang percaya, minum air hangat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Sebab saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh akan terbantu dalam membuang limbah.

Air panas adalah pereda sederhana yang efektif untuk diminum setelah menikmati makanan berminyak. Pasalnya, kehangatan air panas juga memungkinkan otot-otot saluran pencernaan untuk rileks sehingga meringkankan rasa tidak nyaman atau kembung yang terkait dengan makanan berminyak.

Bahkan, sebuah penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa air hangat mungkin memiliki efek yang baik pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi, dikutip dari Healthline.

2. Teh hijau
Dikutip dari Times of India, teh hijau mengandung katekin, antioksidan kuat yang membantu pencernaan dan membantu mengurangi dampak makanan berlemak pada sistem pencernaan.

Kandungan kafein yang moderat dari teh hijau dapat memberikan dorongan energi ringan tanpa efek gelisah. Selain itu, polifenol dalam teh hijau berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan dengan sifat anti-inflamasinya.

3. Minuman probiotik
Minuman probiotik kaya akan bakteri baik yang dapat meningkatkan mikrobioma usus yang sehat. Probiotik membantu pencernaan, membantu tubuh memecah lemak dan mengurangi ketidaknyamanan yang sering dikaitkan dengan makanan berminyak.

Mengonsumsi minuman probiotik mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk diminum setelah makan. Kombucha dan minuman yoghurt hanyalah dua contoh minuman probiotik yang dapat dicoba.

4. Teh herbal
Teh herbal telah digunakan selama berabad-abad lalu untuk melancarkan pencernaan, meredakan perut, dan mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, kembung, dan gas.

Dikutip dari Mirchi Plus, teh herbal seperti jahe, chamomile, dan peppermint memiliki khasiat alami yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi kembung. Teh-teh ini menenangkan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Minuman Sehat yang Cocok Diminum usai Makan Gorengan"