Hagia Sophia

08 December 2023

Beberapa Makanan yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil

Ilustrasi makanan yang mengandung asam folat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ratmaner)

Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak selama masa kehamilan. Salah satu nutrisi yang harus terpenuhi adalah asam folat. Karenanya, penting untuk mengetahui berbagai makanan yang mengandung asam folat guna memenuhi kebutuhan bumil dan si calon buah hati.

Dikutip dari Healthline, asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks, yakni vitamin B9. Asam folat berperan penting dalam proses pembentukan sel darah dan DNA. Itulah alasan mengapa nutrisi satu ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Selain dari beragam suplemen yang dijual di apotek, kebutuhan asam folat juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja sih makanan yang mengandung asam folat?

Makanan Sumber Asam Folat yang Baik untuk Bumil

1. Telur
Tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung asam folat. Pasalnya, banyak dari makanan tersebut biasa dijumpai sehari-hari. Salah satunya adalah telur.

Selain mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil, telur juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi lain yang tak kalah penting, mulai dari protein, vitamin B12, selenium, hingga riboflavin. Tak hanya itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi yang dapat membantu memelihara kesehatan mata.

2. Asparagus
Asparagus merupakan salah satu sumber asam folat yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain tinggi asam folat, sayuran satu ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bumil dan janin.

Asparagus juga kaya akan serat, serta zat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

3. Sayuran Hijau
Sumber asam folat lain yang mudah untuk didapat adalah sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, mengandung asam folat, vitamin, dan mineral sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan, serta vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung.

4. Alpukat
Tak hanya enak dijadikan jus, buah alpukat juga menjadi salah satu makanan yang mengandung asam folat tinggi loh. Bahkan, dalam 100 gram alupkat bisa mengandung 81-89 mikrogram asam folat.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, K, B6, serta lemak tidak jenuh yang dapat meningkatkan daya tubuh hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Pisang
Pisang kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, termasuk asam folat. Pisang juga bisa jadi camilan yang pas untuk memberikan energi bagi ibu hamil.

Selain memiliki kandungan asam folat, pisang juga kaya akan potasium yang tak kalah pentingnya bagi tubuh. Zat ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel tubuh selama masa kehamilan.

6. Buah Sitrus
Buah sitrus, seperti jeruk nipis, lemon, dan jeruk nipis, memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Satu buah jeruk saja bisa mengandung hingga 55 mikrogram asam folat, atau sekitar 14 persen dari kebutuhan harian (DV).

Buah sitrus juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terserang penyakit.

7. Ikan Salmon
Makanan yang mengandung asam folat tak hanya berasal dari tumbuhan, tapi juga hewan. Salah satunya adalah daging ikan salmon. Bahkan, daging ikan laut itu bisa dibilang merupakan salah satu makanan yang ideal untuk ibu hamil.

Pasalnya, daging ikan salmon mengandung asam folat, vitamin D, zat besi, serta lemak omega-3. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk menunjang kesehatan bumil serta perkembangan janin.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Cocok Dikonsumsi Bumil"