Hagia Sophia

08 December 2023

Ini Beda Pneumonia Biasa dengan Pneumonia Akibat Bakteri Mycoplasma

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff

Kementerian Kesehatan RI melaporkan 6 kasus infeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae pada anak di Indonesia. Bakteri inilah yang disebut-sebut memicu lonjakan kasus pneumonia 'misterius' pada anak-anak di China saat ini.

Namun dalam paparannya Kemenkes RI juga menegaskan, kasus infeksi bakteri ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Sebagaimana dijelaskan oleh dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, SpP, pneumonia akibat Mycoplasma pneumonia adalah jenis pneumonia atipikal. Penyakit ini bukanlah penyakit baru di Indonesia, kumannya pun sudah lama ditemukan.

Pneumonia umumnya adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Berbagai organisme, termasuk bakteri, virus, dan jamur, dapat menyebabkan pneumonia.

Terkait pneumonia akibat mycoplasma, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Nastiti Kaswandani, SpA(K) menjelaskan dari segi karakteristik kondisi pasien yang terinfeksi mycoplasma cenderung lebih ringan dibandingkan pneumonia biasa atau pneumonia tipikal.

dr Nastiti mengatakan penyakit pneumonia yang biasa ditemukan kebanyakan disebabkan oleh bakteri pneumokokus. Gejala pneumonia biasa akibat pneumokokus bisa muncul secara tiba-tiba, berbeda dengan mycoplasma pneumonia yang kadang tak disadari.

"Ketika dia terinfeksi (pneumonia tipikal), gejalanya sama batuk sampai timbul sesak. Anak balita dirawat dan memerlukan oksigen. Tapi kalau Mycoplasma pneumoniae ini masuk ke golongan yang atipik. Atipik berarti tidak khas gejalanya sampai timbul sesak dan dirawat, gejalanya lebih ringan. Sebetulnya memang pneumonia karena mycoplasma ini lebih ringan dibandingkan pneumonia yang kita kenal," terangnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (6/12/2023).

"Gejala sesaknya sangat jarang dibandingkan dengan pneumonia pada umumnya. Makanya perawatan di rumah sakit juga sangat jarang dan kematiannya juga lebih jarang," pungkas dr Nastiti.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beda Gejala Pneumonia Biasa Vs Pneumonia Akibat Bakteri Mycoplasma"