Hagia Sophia

08 December 2023

Supaya Tidak Sakit Punggung dan Leher, Ini Posisi Duduk yang Benar

Foto: Freepik

Posisi duduk yang benar dapat menghindarkan kita dari sakit punggung dan leher. Jika dibiarkan, rasa sakit ini bisa semakin parah dan berdampak pada masalah tulang belakang.

Simak 7 tips posisi duduk yang benar dalam artikel ini untuk menjaga kesehatan otot dan tulang kita.

Tips Posisi Duduk yang Benar

Berikut ini 7 tips posisi duduk yang benar, dilansir dari situs Kementerian Kesehatan dan Indonesian Orthopedic Association:

1. Posisikan Bokong Seimbang
Yang pertama, posisikan duduk Anda bertumpu pada kedua sisi bokong agar beban tubuh dapat ditopang dengan merata. Hindari duduk dengan dompet yang masih berada di saku belakang celana.

2. Tempelkan Punggung Sejajar dengan Sandaran
Duduklah tegak dengan menempelkan punggung pada sandaran kursi. Caranya dengan meletakkan bokong mundur hingga ke ujung alas dan sandaran.

Pastikan tulang belakang tegak, sehingga tidak membungkuk. Posisi ini membuat duduk lebih nyaman dan tidak membuat leher pegal.

3. Letakkan Kaki di Lantai
Pada posisi duduk yang benar, letakkan kedua telapak kaki berpijak di tanah secara bersamaan. Posisikan lutut menghadap ke depan dengan ketinggian yang sama atau sedikit lebih tinggi dari bokong.

4. Posisi Duduk dengan Laptop
Posisi duduk juga berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan.

Jika sambil menggunakan laptop, pastikan pandangan lurus ke depan dan jangan membungkuk atau maju. Pastikan juga bahu dan tangan tetap rileks dan sebisa mungkin membentuk sudut seperti huruf L.

5. Posisi Duduk dengan Ponsel
Posisi duduk saat menggunakan ponsel pun sering dilanggar orang. Jangan membiarkan kepala dan badan condong atau membungkuk untuk bisa bisa melihat ponsel. Angkatlah tangan agar layar ponsel berada tepat di depan wajah.

6. Batasi Waktu Duduk
Selanjutnya, batasi waktu duduk. Setelah duduk 30 menit, berdirilah untuk melakukan peregangan kecil. Atau kamu boleh berjalan-jalan singkat baru kemudian kembali duduk dan melanjutkan aktivitas.

7. Pastikan Nyaman dengan Kursi yang Cocok
Yang terakhir, pastikan duduk kamu terasa nyaman. Ketika duduk nyaman, maka Anda bisa duduk dengan posisi yang benar.

Cara agar duduk bisa nyaman adalah memilih kursi dan meja yang tepat. Jangan terlalu tinggi, jangan terlalu pendek, dan pilih yang menggunakan sandaran punggung.

Dampak Posisi Duduk yang Salah

Posisi duduk yang salah bisa mengakibatkan masalah pada kesehatan Anda. Berikut ini beberapa dampak buruk dari posisi duduk yang salah, dikutip dari Medical News Today:
  • Nyeri punggung dan leher
  • Penurunan keseimbangan
  • Sulit bernapas
  • Sakit kepala
  • Inkontinensia urine (beser)
  • Sembelit dan mulas




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Posisi Duduk yang Benar agar Tidak Sakit Punggung dan Leher"