Hagia Sophia

14 January 2024

Beberapa Ciri Hamil Muda yang Harus Diketahui

Ilustrasi hamil muda. Foto: iStock

Kehamilan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Ketika memasuki hamil muda, ada sejumlah tanda-tanda yang mulai terlihat.

Perlu diketahui, ciri-ciri hamil muda tak hanya telat menstruasi saja detikers. Dalam ilmu kesehatan, umumnya kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat setelah 10 hari telat menstruasi.

Penasaran, apa saja ciri-ciri hamil muda yang wajib diketahui? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Ciri-ciri Hamil Muda

Hamil muda merujuk pada usia kehamilan kurang dari tiga bulan atau berada di trimester pertama. Sebagai calon ibu, maka detikers perlu mengetahui ciri-ciri hamil muda sejak mengalami pembuahan.

Mengutip situs Healthline, berikut ciri-ciri hamil muda:

1. Mual
Ciri-ciri yang pertama adalah sering mual. Jangan khawatir, gejala ini umum dialami oleh wanita saat masa kehamilan.

Pada umumnya, wanita akan merasa mual di pagi hari. Namun, dalam sejumlah kasus bisa mengalami mual di sore atau malam hari.

2. Telat Menstruasi
Periode menstruasi yang telat bisa menjadi salah satu ciri-ciri kehamilan. Meski begitu, telat menstruasi tak selalu mengalami kehamilan. Ada faktor kesehatan lain yang dapat menyebabkan telat atau terlewatnya periode menstruasi.

3. Mengalami Kram
Ciri-ciri lainnya adalah merasakan kram di sekitar area perut. Selain itu, kram juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti panggul dan punggung bawah.

Akan tetapi, kram juga dirasakan oleh wanita saat memasuki periode menstruasi. Untuk itu, penting mengetahui perbedaan antara kram menstruasi dengan kram hamil.

Kram menjelang menstruasi biasanya berlangsung cukup lama dan dapat menimbulkan sensasi nyeri. Sementara kram hamil muda terjadi dalam waktu singkat dan cenderung tidak terlalu sakit.

4. Muncul Bercak
Sejumlah wanita mungkin mengalami pendarahan ringan dan muncul bercak di awal kehamilan. Pendarahan tersebut umumnya terjadi karena implantasi. Biasanya, implantasi terjadi sekitar 1-2 minggu setelah proses pembuahan.

5. Sakit Kepala
Ciri-ciri hamil muda berikutnya adalah mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon secara mendadak dan mempengaruhi aliran darah.

Selain sakit kepala, adapun sejumlah kondisi lainnya yang akan dialami ketika hamil muda, yaitu:
  • Sembelit
  • Perut kembung
  • Ngidam makanan tertentu
  • Suasana hati yang berubah-ubah (mood swing)
6. Berat Badan Bertambah
Memasuki hamil muda, berat badan wanita mulai bertambah. Kenaikan berat badan biasanya akan terlihat menjelang awal trimester kedua.

7. Bentuk Payudara Berubah
Ciri-ciri selanjutnya adalah bentuk payudara mulai berubah. Saat hamil muda, payudara mulai terlihat lebih besar. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron.

Selain itu, payudara akan terasa lebih lembut dan memiliki rasa sensitif yang lebih tinggi, sehingga muncul rasa nyeri ketika dipegang. Puting susu juga lebih membesar dan warnanya semakin gelap.

8. Perubahan pada Kulit
Ibu hamil kerap mengalami perubahan pada warna kulitnya. Hal ini karena meningkatnya volume darah dan hormon ketika hamil yang membuat darah lebih banyak mengalir di pembuluh darah. Alhasil, kulit akan tampak lebih merah dan bercahaya.

9. Sakit Punggung
Memasuki awal kehamilan, banyak ibu hamil yang mulai merasakan sakit punggung. Hal ini disebabkan karena hormon dan stres saat mengandung.

10. Mudah Lelah
Saat hamil muda, ibu hamil akan merasa mudah lelah. Tidak tahu pasti apa yang membuat kelelahan dan rasa kantuk di trimester pertama. Namun, peningkatan kadar hormon progesteron yang cepat saat awal kehamilan bisa menyebabkan kelelahan.

11. Sering Buang Air Kecil
Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil dari biasanya. Sebab, jumlah darah dalam tubuh terus meningkat selama kehamilan, sehingga ginjal memproduksi cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih.

12. Sensitif Terhadap Makanan dan Bau-bauan
Ciri-ciri hamil muda yang terakhir adalah hidung sensitif terhadap sejumlah makanan dan aroma tertentu. Hal ini diduga karena perubahan hormon dan morning sickness yang kerap terjadi saat awal kehamilan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Ciri-ciri Hamil Muda yang Wajib Diketahui, Segera Cek Yuk!"